FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LIMA KAUM I KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2020

DESI, FITRIA HANDAYANI (2020) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LIMA KAUM I KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Imunisasi merupakan sistem meningkatkan kekebalan dalam tubuh yang dapat di aktifkan secara aktif maupun secara pasif. Data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) mencapai 57,9% imunisasi tidak lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pemberian imunisasi dasar lengkap di wilayah kerja Puskesmas Lima Kaum I tahun 2020. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dimana peneliti mencari hubungan pengetahuan, sikap, dukungan keluarga dan dukungan tenaga kesehatan dengan imunisasi dasar lengkap. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Lima Kaum I pada bulan Januari sampai Juli 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 12-24 bulan. Teknik pengambilan sampel nonprobabilitas sampling sebanyak 86 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode wawancara. Analisis data dengan analisis univariat dan bivariate menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan imunisasi dasar tidak lengkap 57%, pengetahuan kurang baik 44,2%, sikap negatif 43%, keluarga tidak mendukung 37,8%, tenaga kesehatan tidak mendukung 34,9%. Hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan (p value= 0,212), dukungan tenaga kesehatan (p value= 0,52) dengan pemberian IDL. Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap (p value= 0,001), dukungan keluarga (p value= 0,001) dengan pemberian IDL. Sikap dan dukungan keluarga memiliki hubungan yang signifikan dengan pemberian IDL. Disarankan kepada petugas Puskesmas Lima Kaum 1 bagian promosi kesehatan agar meningkatkan kerjasama lintas sektor dan lintas program untuk menghimbau masyarakat dalam pemberian IDL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: Imunisasi dasar lengkap, pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, dukungan tenaga kesehatan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 10 Sep 2020 06:47
Last Modified: 10 Sep 2020 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61367

Actions (login required)

View Item View Item