RANCANGAN DOKUMEN PROSEDUR MANAJEMEN K3 PADA ASPHALT MIXING PLANT DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS

Aryadi, Sujana Tanjung (2020) RANCANGAN DOKUMEN PROSEDUR MANAJEMEN K3 PADA ASPHALT MIXING PLANT DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pekerjaan proyek konstruksi memiliki potensi resiko kecelakaan kerja. Besarnya potensi resiko kecelakaan kerja tersebut dipengaruhi oleh lingkungan pekerjaan, teknologi yang digunakan, material yang dipakai, serta kualitas manajemen K3 di proyek konstruksi tersebut. Pekerjaan-pekerjaan konstruksi bangunan banyak berhubungan dengan penggunaan alat, baik yang sederhana sampai yang rumit, dari yang ringan sampai alat-alat berat. Proyek konstruksi jalan raya memerlukan berbagai macam material, salah satu diantaranya adalah campuran material aspal hotmix. Pembuatan campuran aspal hotmix ini dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut Asphalt Mixing Plant. Didalam proses produksi menggunakan alat tersebut, terdapat berbagai tahapan pekerjaan mulai dari persiapan material, proses produksi campuran aspal dan pengangkutan campuran aspal hotmix. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja, dalam pelaksanaan tahapan pekerjaaan tersebut, perlu adanya prosedur kerja yang baik. Prosedur tersebut dibuat melalui tahapan-tahapan manajemen resiko K3. Didalam penelitian ini dibahas tentang sistem manajemen K3 meliputi identifikasi resiko bahaya menurut metode Job Safety Analysis, penilaian level resiko bahaya menggunakan standar SNI 8615:2018 ISO 31000:2018 dan pengendalian resiko bahaya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan seorang narasumber. Selain itu juga dilakukan observasi dan pengumpulan informasi dari jurnal, literatur, buku manual dan laporan ilmiah yang terkait. Hasil akhir dari pelaksanaan sistem manajemen K3 tersebut adalah berupa rancangan dokumen prosedur kerja sebagai salah satu upaya pengendalian resiko bahaya di Asphalt Mixing Plant yang dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan untuk pekerja dilapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Benny Hidayat, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Sistem Manajemen K3, Penilaian Resiko, Prosedur Kerja, Asphalt Mixing Plant, Job Safety Analysis (JSA)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:41
Last Modified: 09 Sep 2020 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61266

Actions (login required)

View Item View Item