Keterlibatan Perempuan Dalam Penambangan Emas Rakyat Di Bukit Kumani Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan (2004-2018)

Rezi, Irlianti (2020) Keterlibatan Perempuan Dalam Penambangan Emas Rakyat Di Bukit Kumani Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan (2004-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img] Text (skripsi utuh)
1. COVER ARTIKEL-digabungkan (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ‘‘Keterlibatan perempuan dalam penambangan emas di bukit kumani nagari pakan rabaa timur kecamatan koto parik gadang diateh kabupaten solok selatan 2004-2018’’. Perempan memegang peranan penting dlam dalam sistim penambangan emas ini. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini termasuk kajian sejarah sosial dan ekonomi dengan mengunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik (mencari dan mengumpulkan data), kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Di penambangan emas Solok Selatan, umumnya di Nagari Pakan Rabaa Timur, pekerja lebih dominan perempuan karena di lokasi tambang ia mempunyai dua macam pekerjaan, yaitu memasak untuk seluruh pekerja tambang dan juga mendulang emas. Dampak adanya tambang emas bagi kehidupan masyarakat Nagari Pakan Rabaa Timur diantaranya adalah, pendidikan anak-anak penambang yang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, perumahan yang lebih baik dan layak huni dari sebelumnya, tingginya angka kendaraan baik roda empat maupun roda dua dan di setiap jorong telah ada puskesmas serta perawatan kesehatan yang lebih terjamin. Kata kunci: tambang emas, pekerja perempuan, mendulang emas, memasak makanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Midawati, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: tambang emas, pekerja perempuan, mendulang emas, memasak makanan
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 09 Sep 2020 07:53
Last Modified: 09 Sep 2020 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61248

Actions (login required)

View Item View Item