Korelasi Ukuran Butiran Tanah Rata - Rata (D50) - Beban - Tahanan Ujung Konus (Qc) dengan Variasi Kerapatan Relatif (Dr)

J, Mardhatillah (2020) Korelasi Ukuran Butiran Tanah Rata - Rata (D50) - Beban - Tahanan Ujung Konus (Qc) dengan Variasi Kerapatan Relatif (Dr). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tanah merupakan bagian penting dalam perencanaan proyek konstruksi sipil, dimana hampir semua bangunan sipil dibangun di atas tanah. Sebagai dasar perletakan suatu bangunan, harus diketahui sifatsifat dan nilai parameter tanah untuk perencanaan sebelum dilakukan pembangunan. Parameter-parameter tanah sangat banyak dan untuk mendapatkannya perlu dilakukan penyelidikan dengan metode yang berbeda-beda juga. Untuk memudahkan dan meminimalisir pekerjaan kita dapat menghubungkan beberapa parameter tanah dan membuat sebuah korelasi. Korelasi merupakan hubngan antara parameterparameter tanah, dimana dengan adanya korelasi kita dapat menentukan nilai suatu parameter tanah jika diketahui parameter-parameter tanah lainnya tanpa perlu melakukan penyelidikan untuk parameter tanah tersebut. Ada banyak korelasi parameter tanah yang sudah ditemukan dalam bidang geoteknik, untuk korelasi parameter tanah dengan menggunakan pasir seragam pun sudah banyak ditemukan. Sejauh ini korelasi parameter tanah dengan pasir seragam yang ditemukan hanya menguhubungkan antara 2 atau 3 parameter tanah saja, selain itu korelasi yang ditemukan kebanyakan berupa rumus. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian CPT pada tanah pasir seragam dengan menghubungkan 4 parameter tanah lainnya, yaitu kerapatan relatif (Dr), ukuran rata-rata butiran tanah (D50), tahanan ujung konus (qc) dan beban. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan korelasi antara ukuran rata-rata butian (D50) – beban – tahanan ujung konus (qc) pada pasir seragam denga variasi kerapatan relatif (Dr).Untuk itu penelitian kali ini, dilakukan pengujian CPT pada tanah berbutir seragam yaitu pasir kasar (lolos # No. 4 tertahan # No. 10), pasir sedang (lolos # No. 10 tertahan # No. 40) dan pasir halus (lolos # No. 100 tertahan # No. 200) dengan variasi pembebanan yaitu tanpa pembebanan, 7,5 kg, 20 kg dan 30 kg berdasarkan kerapatan relatif yaitu Dr 30%, Dr 50%, Dr 70% dan Dr 90%. Hasil yang didapatkan yaitu korelasi antara D50 – beban – dengan qc (tahanan ujung konus), yang mana grafiknya menunjukkan semakin besar ukuran butiran rata-rata tanah dan beban yang diberikan maka semakin besar nilai qc, pola yang sama juga didapatkan untuk variasi Dr , semakin besar nilai persentase Dr yang digunakan nilai qc semakin besar. Dan juga dari grafik korelasi D50 – Beban dengan qc , makaii dapat ditentukan nilai qc sesuai dengan beban, Dr dan D50 yang dinginkan tanpa perlu melakukan penyelidikan di lapangan. Kata kunci : tanah, kerapatan relatif, tahanan konus, beban, ukuran butiran rata-rata

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir Abdul Hakam, Ph. D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:44
Last Modified: 11 Sep 2020 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61137

Actions (login required)

View Item View Item