PENGARUH MULSA JERAMI TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA DAN HASIL BUDIDAYA PADI (ORYZA SATIVA L.)METODE SRI (SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION) DALAM LEGOWO 3:1

Nathanael, Hasianta Sinaga (2020) PENGARUH MULSA JERAMI TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA DAN HASIL BUDIDAYA PADI (ORYZA SATIVA L.)METODE SRI (SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION) DALAM LEGOWO 3:1. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di Limau Manis, Kecamatan Kuranji, Kelurahan Pasar Ambacang, Padang, Sumatera Barat dari bulan Desember 2018 sampai April 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan dosis mulsa jerami yang paling memberikan pengaruh nyata dan pengaruhnya dalam dalam penekanan pertumbuhan populasi gulma pada budidaya padi SRI dalam legowo 3:1, untuk mengetahui pengaruh dosis mulsa jerami terhadap pertumbuhan dan hasil budidaya padi SRI dalam legowo 3:1, dan untuk mendapatkan dosis mulsa jerami yang paling memberikan pengaruh nyata dalam pertumbuhan dan hasil produksi padi SRI dalam legowo 3:1. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 taraf perlakuan. yaitu, dosis mulsa jerami 0, 3, 6, 9, dan 12 ton/ha. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5% apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan Uji Duncan’s New Multiple Range Tes (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan Pemberian mulsa jerami 9 dan 12 ton/ha dapat menekan pertumbuhan gulma sehingga 7 dari 13 spesies gulma tidak dapat tumbuh dan mengurangi biomassa gulma sebesar 75,36% - 83,21%. Perlakuan dosis mulsa jerami 3 dan 6 ton/ha tidak dapat menekan pertumbuhan gulmas sehingga mengganggu pada pertumbuhan dan hasil tanaman padi. Produksi padi lebih tinggi pada perlakuan mulsa 9 dan 12 ton/ha dibandingkan perlakuan lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 agroekoteknologi agroekoteknologi
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:30
Last Modified: 08 Sep 2020 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61126

Actions (login required)

View Item View Item