RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) TERHADAP PEMUPUKAN N, P DAN K PADA BEBERAPA CAMPURAN LAPISAN TANAH SAWAH INTENSIFIKASI

Rafdea, Syafitri (2020) RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) TERHADAP PEMUPUKAN N, P DAN K PADA BEBERAPA CAMPURAN LAPISAN TANAH SAWAH INTENSIFIKASI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) TERHADAP PEMUPUKAN N, P DAN K PADA BEBERAPA CAMPURAN LAPISAN TANAH SAWAH INTENSIFIKASI Abstrak Upaya peningkatan produktivitas tanah sawah sudah banyak dilakukan seperti penambahan bahan organik dan pemupukan dengan dosis yang tinggi, terutama sejak diadakannya program revolusi hijau. Akan tetapi, peningkatan hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan peningkatan input yang diberikan. Oleh sebab itu, dilakukan kajian aspek lain yang belum pernah dipelajari sebelumnya yaitu pencampuran lapisan olah dengan lapisan tapak bajak. Penelitian menggunakan Rancangan Faktorial dengan dua faktor yaitu takaran pemupukan N, P, K sebagai faktor A yang terdiri dari 4 taraf dan kombinasi campuran lapisan olah (LO) dan lapisan tapak bajak (LTB) sebagai faktor B yang terdiri dari 5 taraf, dan masing-masing 3 ulangan. Faktor A yaitu A1=0R; A2=0.5 R; A3=1 R; A4=1,5 R. Faktor B yaitu B1=100% LO; B2=75% LO + 25% LTB; B3=50% LO + 50% LTB; B4=25% LO + 75% LTB; dan B5=100% LTB. Hasil penelitian menunjukkan pencampuran lapisan tanah sawah pada beberapa rekomendasi pemupukan belum meningkatkan pertumbuhan (tinggi, jumlah anakan, dan BK) serta serapan hara N, P dan K tanaman padi. Lapisan olah tanah sawah mempunyai karakteristik kimia tanah yang lebih baik dibandingkan dengan campuran lapisan tanah sawah. Namun, pada campuran 75% LO + 25% LTB cenderung meningkatkan KTK sampai 38.50 cmol/kg dan pada 100% lapisan tapak bajak meningkatkan P-tersedia sampai 29.29 ppm. Pencampuran lapisan tanah sawah cenderung menurunkan pertumbuhan (tinggi, jumlah anakan, dan BK) serta serapan hara (N, P dan K) tanaman padi. Peningkatan takaran rekomendasi pemupukan tidak memberikan pengaruh terhadap tinggi tanaman. Takaran pemupukan 1.5 R mampu meningkatkan jumlah anakan sampai 38 batang dan BK tanaman padi sampai 58.10 g, meningkatkan serapan hara N sampai 0.60 g/tanaman, hara P sebesar 0.49 g/tanaman, dan hara K sampai 0.45 g/tanaman. Kata Kunci : lapisan olah, lapisan tapak bajak, rekomendasi pemupukan, respon pemupukan N, P dan K, sawah intensifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu tanah
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:43
Last Modified: 07 Sep 2020 03:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61087

Actions (login required)

View Item View Item