PENGARUH LITERASI KEUANGAN, RISIKO DAN GENDER TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS

SONYA, PRICILIA (2020) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, RISIKO DAN GENDER TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aktivitas investasi di Indonesia saat ini sedang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan peluang keuntungan yang menjanjikan pada investasi di pasar modal. Aktivitas investasi membutuhkan keputusan investasi yang baik dengan beberapa faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Risiko dan Gender terhadap investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Desain pada penelitian ini adalah desain pengujian hipotesis. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas tahun angkatan 2016-2017. Karena populasi dalam penelitian ini diketahui maka dalam pengambilan jumlah sampel penulis menggunakan Slovin. Jadi sampel yang diperoleh adalah sebanyak 90 orang Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Andalas tahun angkatan 2016-2017. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan : Financial Literacy, Risk Preception dan Pengalaman Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Investasi. Sedangkan Herding, Gender dan Pendapatan tidak berpengaruh terhadap Keputusan Investasi. Nilai adjusted R square 0,427, artinya 42,7% variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sedangkan sisanya sebesar 57,3% dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Financial Literacy, Risk Preception, Herding, Pengalaman Investasi, Gender, Pendapatan dan Keputusan Investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rida Rahim, SE., M.E
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:28
Last Modified: 08 Sep 2020 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61086

Actions (login required)

View Item View Item