Efektivitas Pemberian Injeksi Intravitreal Anti-VEGF Terhadap Tajam Penglihatan Pada Pasien Retinopati Diabetik di Poliklinik Mata RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2018 – 2019

Nadhifah, Salsabila (2020) Efektivitas Pemberian Injeksi Intravitreal Anti-VEGF Terhadap Tajam Penglihatan Pada Pasien Retinopati Diabetik di Poliklinik Mata RSUP Dr. M. Djamil Padang Periode 2018 – 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Retinopati diabetik kelainan mata tersering paling ditakuti karena menyebabkan kebutaan permanen. Kejadiannya terus meningkat seiring peningkatan prevalensi DM. Injeksi anti vascular endothelial growth factor (VEGF) dalam terapi DME menggeser signifikan terapi primer dari terapi laser menjadi injeksi intravitreal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian injeksi intravitreal anti-VEGF terhadap tajam penglihatan pada pasien retinopati diabetik di Poliklinik Mata RSUP dr. M. Djamil Padang periode Januari 2018 – Desember 2019. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif. Data dikumpulkan dari rekam medis pasien retinopati diabetik. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, didapatkan 25 sampel yang memenuhi kriteria pada periode 2018-2019. Hasil: Sebagian besar pasien yang diberikan injeksi intravitreal anti-VEGF merupakan pasien dengan NPDR sedang dengan DME (60%). Berdasarkan kategori ketajaman penglihatan WHO, terdapat 48% pasien mengalami perbaikan visus, 44% pasien tetap pada kategori yang sama, dan 8% pasien dengan visus memburuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Havriza Vitresia, SpM(K)
Uncontrolled Keywords: retinopati diabetik, injeksi intravitreal anti-VEGF
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:56
Last Modified: 04 Sep 2020 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61008

Actions (login required)

View Item View Item