PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA BERSYARAT TERHADAP TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS KARENA KELALAIAN YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA ORANG LAIN (Studi di Pengadilan Negeri Padang)

Rahmawati, Rahma (2020) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA BERSYARAT TERHADAP TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS KARENA KELALAIAN YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA ORANG LAIN (Studi di Pengadilan Negeri Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Datar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)

Abstract

Kelalaian yaitu ketidakhati-hatian ataupun ketidaksengajaan dalam melakukan suatu perbuatan. Mengenai hal ini diatur dalam Pasal 359 – Pasal 361 KUHP. Dalam kecelakaan lalu lintas karena kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain diatur dan diancam pidana terhadap dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 310 ayat (4) dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 12.000.000 (dua belas juta rupiah). Namun, pada umumnya hakim menjatuhkan pidana bersyarat terhadap terdakwa. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana bersyarat terhadap tindak pidana kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain? 2. Bagaimana pelaksanaan pengawasan dan pengamatan terhadap terpidana bersyarat yang dilakukan oleh hakim pengawas dan pengamat (wasmat)? Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis sosiologis. Penelitian ini bersifat deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari penelitian langsung di lapangan dan data sekunder yaitu informasi-informasi dari bahan studi kepustakaan yang diperlukan bagi penelitian ini yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan sebagai berikut: dasar pertimbangan hakim menjatuhkan pidana bersyarat terhadap tindak pidana kecelakaan lalu lintas karena kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain adalah dakwaan Jaksa Penuntut Umum, keterangan saksi, keterangan terdakwa, dan barang bukti. Selain pertimbangan tersebut hakim juga memiliki pertimbangan sendiri yang didasarkan kepada hal-hal yang meringankan terdakwa yaitu adanya perdamaian antara terdakwa dengan pihak korban, terdakwa belum pernah dihukum, serta terdakwa memiliki tanggungan dan tanggung jawab. Pelaksanaan pengawasan dan pengamatan terhadap terpidana bersyarat oleh hakim wasmat tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebaiknya terdapat peraturan khusus yang secara tegas mengatur mengenai kriteria bagi terdakwa agar dapat dijatuhkan pidana bersyarat dan sanksi bagi hakim wasmat yang tidak melaksanakan tugasnya mengawasi dan mengamati terpidana bersyarat. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Kelalaian, Pidana Bersyarat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yoserwan, S.H., M.H., LL.M
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:08
Last Modified: 03 Sep 2020 04:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60945

Actions (login required)

View Item View Item