Pengaruh Lama Penyimpanan terhadap Nilai pH, Total Asam Tertitrasi dan Total Koloni Bakteri Asam Laktat Susu Fermentasi (Lactobacillus fermentum PE2) dengan Penambahan Sari Wortel

Rosalina, Rosalina (2020) Pengaruh Lama Penyimpanan terhadap Nilai pH, Total Asam Tertitrasi dan Total Koloni Bakteri Asam Laktat Susu Fermentasi (Lactobacillus fermentum PE2) dengan Penambahan Sari Wortel. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL ROSALINA_ALHAMDULILLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan susu fermentasi dengan penambahan sari wortel yang disimpan pada suhu refrigerator dengan menggunakan starter Lactobacillus fermentum PE2 terhadap nilai pH, Total Asam Tertitrasi (TTA) dan total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL). Penelitian ini menggunakan susu sapi segar sebanyak 2000 ml. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan dengan uji lanjut DMRT. Perlakuan yang diberikan adalah susu fermentasi disimpan pada suhu refrigerator dengan lama penyimpanan 0 hari (P1), 5 hari (P2), 10 hari (P3), 15 hari (P4) dan 20 hari (P5). Peubah yang diukur adalah nilai pH, Total Asam Tertitrasi (TTA) dan total koloni Bakteri Asam Laktat (BAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama penyimpanan pada suhu refrigerator berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai pH, TTA dan total koloni BAL. Lama penyimpanan susu fermentasi dengan penambahan sari wortel hingga 20 hari menunjukkan nilai pH 4,65, TTA 0,847% dan total koloni BAL 27,45 x 109 CFU/ml. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penyimpanan susu fermentasi dengan penambahan sari wortel pada suhu refrigerator memberikan pengaruh terhadap penurunan nilai pH, TTA dan total koloni BAL serta masih mampu memenuhi syarat mutu susu fermentasi hingga 20 hari penyimpanan ditinjau dari nilai pH, TTA dan total koloni BAL. Kata Kunci : Susu Fermentasi, Lactobacillus fermentum PE2, Penyimpanan, Sari Wortel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Melia, S.TP., MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:27
Last Modified: 03 Sep 2020 06:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60910

Actions (login required)

View Item View Item