pengaruh penggunaan jenis starter dan lama penyimpanan yang berbeda terhadap kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori kefir susu kambing

Patria, Pradana (2020) pengaruh penggunaan jenis starter dan lama penyimpanan yang berbeda terhadap kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori kefir susu kambing. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Skripsi_Patria Pradana_Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Skripsi_Patria Pradana_BAB I.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Skripsi_Patria Pradana_BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Skripsi_Patria Pradana_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Patria Pradana_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi jenis starter dan lama penyimpanan yang berbeda terhadap kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori kefir susu kambing. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor A (jenis starter) sebanyak 2 taraf yaitu A1 (kefir starter) dan A2 (kefir grain) serta faktor B (lama penyimpanan) sebanyak 4 taraf yaitu B1 (0 hari), B2 (5 hari), B3 (10 hari) dan B4 (15 hari). Peubah yang diamati adalah kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang sangat nyata (P<0.01) antara Faktor A dan Faktor B terhadap nilai sensori, tetapi tidak terdapat interaksi yang nyata (P>0.05) terhadap kadar protein, kadar lemak dan laktosa. Kefir susu kambing masih dapat mempertahankan kualitasnya sampai penyimpanan hari ke 15, dengan rataan kadar protein 4.74% pada A1 dan 3.19 pada A2, kadar lemak 5.83% pada A1 dan 4.69% A2, laktosa 1.28% pada A1 dan 1.30 A2. Uji sensori dilakukan terdahadap 3 atribut yaitu rasa, aroma dan tekstur. Rataan nilai rasa 3.22 pada A1 dan 2.84 A2, aroma 3.35 pada A1 dan 3.11 pada A2, tekstur 3.42 pada A1 dan 3.14 pada A2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perlakuan jenis starter dan lama penyimpanan yang berbeda berpengaruh terhadap kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori kefir susu kambing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indri Juliyarsi, SP., MP
Uncontrolled Keywords: kefir, susu kambing, starter, grain, lama penyimpanan
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:04
Last Modified: 02 Sep 2020 06:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60873

Actions (login required)

View Item View Item