PENGARUH PENGGUNAAN JENIS STARTER DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR LEMAK, LAKTOSA DAN SENSORI KEFIR SUSU SAPI

LUSIANA, MENDES (2020) PENGARUH PENGGUNAAN JENIS STARTER DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR LEMAK, LAKTOSA DAN SENSORI KEFIR SUSU SAPI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
SKRIPSI LUSIANA MENDES COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
SKRIPSI LUSIANA MENDES BAB I.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
SKRIPSI LUSIANA MENDES BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI LUSIANA MENDES DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI LUSIANA MENDES (1610623008).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi penggunaan jenis starter dan lama penyimpanan yang berbeda terhadap kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori kefir susu sapi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor A (kefir starter dan kefir grain) dan faktor B (penyimpanan 0, 5, 10 dan 15 hari) dengan 3 kali ulangan. Peubah yang diamati adalah kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori pada kefir susu sapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya interaksi (P>0,05) antara faktor A (jenis starter) dengan faktor B (lama penyimpanan) terhadap kadar protein, kadar lemak, laktosa, sensori rasa dan sensori kekentalan, namun terdapat interaksi yang nyata (P<0,05) pada sensori aroma kefir susu sapi. Rataan kadar protein kefir susu sapi menggunakan kefir starter dan kefir grain adalah 4,30% dan 3,19%, rataan kadar lemak adalah 3,61% dan 3,59%, rataan kadar laktosa 4,07% dan 2,32%. Sedangkan sensori rasa lebih disukai pada penggunaan kefir starter, dan pada sensori aroma dan sensori kekentalan lebih disukai pada penggunaan kefir grain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kefir susu sapi masih mampu mempertahankan kualitasnya dilihat dari kadar protein, kadar lemak, laktosa dan sensori dengan penggunaan kefir starter hingga lama penyimpanan 15 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indri Juliyarsi, SP., MP
Uncontrolled Keywords: kefir susu sapi, kefir starter, kefir grain, lama penyimpanan, sensori
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:55
Last Modified: 02 Sep 2020 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60845

Actions (login required)

View Item View Item