KAJIAN LITERATUR PROSES ADSORPSI BATCH DAN KONTINU PADA PENYISIHAN LOGAM KROMIUM (Cr) DARI AIR LIMBAH DENGAN SERBUK GERGAJI KAYU SEBAGAI ADSORBEN

NADYA, RAHAYU VALDIRA (2020) KAJIAN LITERATUR PROSES ADSORPSI BATCH DAN KONTINU PADA PENYISIHAN LOGAM KROMIUM (Cr) DARI AIR LIMBAH DENGAN SERBUK GERGAJI KAYU SEBAGAI ADSORBEN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (DRAFT TA NADYA RAHAYU VALDIRA 1610943006)
DRAFT TA NADYA RAHAYU VALDIRA 1610943006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara literatur proses adsorpsi pada sistem batch dan sistem kontinu pada penyisihaan logam kromium (Cr) dari air limbah dengan memanfaatkan serbuk gergaji kayu sebagai adsorben. Pada kajian literatur ini, jenis serbuk gergaji kayu yang digunakan adalah kayu lokal, Mangifera Indica, Holly, dan Nimba. Serbuk gergaji kayu Mangifera Indica diberi perlakuan menggunakan NaOH dan H2SO4, sedangkan Holly menggunakan formaldehida. Parameter yang dikaji pada sistem batch adalah konsentrasi adsorbat, dosis adsorben, waktu kontak adsorpsi, diameter adsorben, dan pH adsorbat, sedangkan pada sistem kontinu adalah konsentrasi adsorbat, ketinggian bed adsorben, dan laju alir. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan, terbukti bahwa kelima parameter yang dikaji pada sistem batch sangat mempengaruhi efisiensi penyisihan Cr dari air limbah. Dari beberapa penelitian yang dikaji didapatkan kondisi optimum setiap parameter untuk sistem batch adalah berada dalam range konsentrasi adsorbat 10-100 mg/L, dosis adsorben 10-40 g/L, waktu kontak 2-120 menit, diameter adsorben 0,0965-350 mm, dan pH adsorbat 2-4. Efisiensi penyisihan dari semua parameter didapatkan sekitar 99,99%. Selanjutnya, kajian literatur pada sistem kontinu menunjukkan bahwa parameter konsentrasi adsorbat, ketinggian bed adsorben, dan laju alir influen saling mempengaruhi kinerja proses adsorpsi. Semakin kecil laju alir, semakin tinggi ketinggian bed adsorben dan semakin rendah konsentrasi adsorbat, akan mengakibatkan waktu jenuh lebih lama tercapai, sehingga dapat meningkatkan efisiensi penyisihan. Rentang efisiensi penyisihan yang didapatkan dari semua parameter pada sistem kontinu adalah 43,22-72,13%. Hasil kajian literatur membuktikan bahwa serbuk gergaji kayu dapat dijadikan sebagai alternatif adsorben untuk menyisihkan Cr dari air limbah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng SHINTA INDAH
Uncontrolled Keywords: adsorpsi, batch, kontinu, serbuk gergaji kayu
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:59
Last Modified: 22 Sep 2020 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60821

Actions (login required)

View Item View Item