PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KERJA PRAKTIK BERBASIS ANDROID DENGAN PUSH NOTIFICATION PADA JURUSANSISTEM INFORMASI UNIVERSITAS ANDALAS

Rezki, Yunanda (2020) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KERJA PRAKTIK BERBASIS ANDROID DENGAN PUSH NOTIFICATION PADA JURUSANSISTEM INFORMASI UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I fix.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI fix.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka fix.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan TA - Rezki Yunanda + turnitin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Proses pengelolaan kerja praktik di jurusan sistem informasi Universitas Andalas menggunakan sistem informasi yang bernama Sistem Informasi Pengelolaan Kerja Praktik (SIPKP). SIPKP yang ada pada jurusan sistem informasi Universitas andalas berfokus pada platform website. Kekurangan dari SIPKP yang digunakan saat ini adalah bersifat pasif atau tidak ada pemberitahuan dari sistem ke users, yang membuat pengguna atau users harus memeriksa setiap kejadian yang terjadi pada sistem. Karena tidak adanya pemberitahuan sehingga berdampak pada waktu proses penyetujuan proposal, terkadang membuat mahasiswa harus berulang kali datang menemui ketua prodi untuk mengetahui apakah proposal telah verifikasi atau belum. Aplikasi SIPKP di akses melalui website dengan bantuan browser dan memiliki tampilan sistem yang lebar sehingga membuat aplikasi tidak responsive di perangkat yang memiliki layar yang kecil seperti perangkat mobile. Berdasarkan permasalahan yang tersebut dibutuhkan sistem informasi yang mampu memberi pemberitahuan ke user secara realtime dan compatible untuk perangkat mobile. Sistem operasi Android menyediakan layanan untuk keperluan pemberitahuan secara realtime yang dikenal dengan nama push notification. Dengan adanya Android dengan layanan push notification, users dapat menerima pemberitahuan dari aplikasi secara realtime dan memiliki tampilan yang compatible untuk perangkat mobile. Oleh karena itu dilakukan penelitian tugas akhir dengan judul “Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Kerja Praktik Berbasis Android Dengan Push Notification”. Metodologi penelitian yang digunakan mengadopsi metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Tahapan metode waterfall meliputi requirements definitions, system and software design, implementation, dan system testing. Pengujian aplikasi dilakukan dengan black box. Pengujian dilakukan pada dua puluh fungsional sesuai dengan rancangan awal sistem dan kebutuhan user. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem informasi pengelolaan kerja praktik yang dapat mengatasi permasalahan dari sistem yang sedang berjalan dan membuat sistem notifikasi pada pengelolaan kerja praktik pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas berbasis Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Husnil Kamil, M.T
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:42
Last Modified: 01 Sep 2020 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60814

Actions (login required)

View Item View Item