PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG TANAMAN MIANA (PLECTRANTHUS SCUTELLARIOIDES [L.] R.BR) DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS, DAN LEMAK ABDOMEN AYAM BROILER

Arif, Arif (2020) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG TANAMAN MIANA (PLECTRANTHUS SCUTELLARIOIDES [L.] R.BR) DALAM RANSUM AYAM BROILER TERHADAP BOBOT HIDUP, PERSENTASE KARKAS, DAN LEMAK ABDOMEN AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
Cover dan Abstrakk.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustakaa.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
tugas akhir full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung tanaman Miana (Plectranthus scutellarioides [L.] R.Br) dalam ransum ayam broiler terhadap bobot hidup, persentase karkas, dan lemak abdomen ayam broiler. Penelitian menggunakan 100 ekor DOC broiler strain Arbor Acres CP-707 dengan masa adaptasi sampai umur 1 minggu, dan diberi ransum perlakuan pada umur 2 minggu sampai umur 5 minggu. Kandang yang digunakan adalah 20 unit kandang box dengan ukuran 60 x 50 x 50 cm, dan masing-masing unit kandang ditempati oleh 5 ekor broiler. Kandang dilengkapi dengan tempat makan dan tempat minum, serta diberi penerangan dan pemanasan menggunakan lampu 25watt. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan pemberian tepung tanaman Miana (Plectranthus scutellarioides [L.] R.Br) yang berbeda (0,5,7.5,10, dan 12,5%) dalam ransum. Masing-masing perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 4 kali. Parameter yang diamati adalah bobot hidup (g/ekor), persentase karkas dengan kulit dan tanpa kulit (%), dan persentase lemak abdomen (%). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan tepung tanaman Miana (Plectranthus scutellarioides [L.] R.Br) dalam ransum cenderung berpengaruh nyata (P<0,1) terhadap bobot hidup, dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase karkas dengan dan tanpa kulit, serta berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase lemak abdomen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tepung tanaman Miana (Plectranthus scutellarioides [L.] R.Br) dapat digunakan sampai level 12,5% dalam ransum broiler. Pada kondisi ini diperoleh bobot hidup 1.698,50 g/ekor, persentase karkas dengan kulit 79,00%, dan presentase karkas tanpa kulit 72,70%, serta persentase lemak abdomen 1,29%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir.Maria Endo Mahata, MS
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tanaman Miana, Bobot Hidup, Karkas Dengan Kulit, Karka Tanpa Kulit, Lemak Abdomen. Kata Kunci: Tanaman Miana, Bobot Hidup, Karkas Dengan Kulit, Karka Tanpa Kulit, Lemak Abdomen.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
C Auxiliary Sciences of History > CE Technical chronology. Calendar
D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
D History General and Old World > DA Great Britain
D History General and Old World > DD Germany
Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:15
Last Modified: 01 Sep 2020 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60800

Actions (login required)

View Item View Item