“PHUBBING” SEBAGAI SEBUAH FENOMENA BUDAYA POP (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas)

Zolla, Surya Pratiwi (2020) “PHUBBING” SEBAGAI SEBUAH FENOMENA BUDAYA POP (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

INTISARI Zolla Surya Pratiwi. Bp. 1510821009. Jurusan Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. 2020. Judul “ Phubbing Sebagai Sebuah Fenomena Budaya Pop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas)”. Dewasa ini makin banyak mahasiswa yang sengaja atau tanpa sengaja mengacuhkan rekan bicaranya atau lingkungannya demi fokus dengan smartphonenya. Kini smartphone telah menjadi benda yang sangat diperlukan dan dibutuhkan mahasiswa sebagai penunjang kehidupannya, dan menjadikan smartphone sebagai salah satu pilihan gaya hidup bagi kebanyakan orang khususnya generasi milenial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa dan bagaimana perilaku phubbing yang terjadi pada mahasiswa FISIP, alasan melakukan perilaku phubbing serta bagaimana pandangan mereka sebagai pengkaji masalah-masalah sosial terhadap perilaku yang juga mereka lakukan sendiri.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta studi kepustakaan. Dengan menggunakan beberapa konsep seperti kebudayaan, budaya pop, gaya hidup, interaksi sosial.Temuan dalam penelitian ini ialah mahasiswa FISIP merasa pernah dengan sengaja atau tanpa sengaja dan sadar atau tanpa sadar melakukan perilaku phubbing, namun hanya beberapa dari mereka yang tahu bahwa tindakan yang mereka lakukan tersebut diistilahkan dengan sebutan phubbing. Berbagai hal serta alasan yang membuat mahasiswa FISIP berperilaku phubbing yakni kebiasaan scrooling sosial media, kecanduan game, balasan phubbing akibat diphubbingkan, keasyikan nonton atau membaca novel online, ketidaknyamanan mahasiswa terhadap lingkungan atau bahkan mahasiswa lain yang tidak disukainya dan sebagainya. Phubbing telah menjadi kebiasaan yang sudah membudaya bagi mahasiswa. Sebagian mahasiswa FISIP berpendapat bahwa phubbing sudah lumrah terjadi mengingat zaman yang tengah modern namun tentu juga banyak mahasiswa yang menyayangkan tindakan tersebut. Sebuah ironi jika dengan kemunculan smartphone membuat mahasiswa merasa asing dengan lingkungan sosial sekitarnya, mereka lebih suka berdiam diri dan menikmati dunianya sendiri tanpa mempedulikan lingkungan sosialnya. Kesadaran untuk berkomunikasi di dunia nyata perlu untuk ditingkatkan karena pada hakikatnya orang-orang hidup di dunia nyata, bukan di dunia maya. Kata Kunci: Phubbing, Fenomena, Budaya Pop

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hendrawati, SH. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Phubbing, Fenomena, Budaya Pop
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:40
Last Modified: 01 Sep 2020 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60771

Actions (login required)

View Item View Item