PENGARUH AMERICAN ISRAEL PUBLIC AFFAIRS COMMITTEE (AIPAC) DALAM PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP BANTUAN KE PALESTINA

Rahmad, Ivanda (2020) PENGARUH AMERICAN ISRAEL PUBLIC AFFAIRS COMMITTEE (AIPAC) DALAM PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT TERHADAP BANTUAN KE PALESTINA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses kelompok kepentingan mempengaruhi kebijakan luar negeri Amerika Serikat (AS) dalam perubahan kebijakan Palestina pada masa pemerintahan Donald Trump tahun 2016-2019. AS selaku negara donor terbesar untuk United Nations Relief and Work Agency dengan mandat mengurus pengungsi Palestina. Namun pada bulan Februari 2019, AS mengambil keputusan secara resmi menghentikan kontribusinya untuk UNRWA, keputusan AS tersebut terkait oleh kelompok lobi pro-Israel di AS yakni American Israel Public Affairs Committee (AIPAC). Penelitian ini menggunakan kerangka konseptual kelompok kepentingan menurut Gabriel Almond. Pengumpulan data dan analisis dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa AIPAC terlibat dalam mempengaruhi proses perumusan kebijakan luar negeri AS melalui tiga cara. Seperti memberikan dukungan finansial saat kampanye untuk mempermudah lobi pada pemerintah, selain itu AIPAC melalui media yang dikontrolnya seperti Fox News serta memiliki lembaga khusus untuk menyensor berita yakni Committee for Accurancy in Middle East Reporting in America yang digunakan untuk menciptakan opini publik masyarakat AS dan dengan menggerakan partisipasi golongan grassroots seperti mahasiswa dan para aktivis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si
Uncontrolled Keywords: AIPAC, Amerika Serikat, Israel, Palestina
Subjects: J Political Science > JK Political institutions (United States)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:29
Last Modified: 01 Sep 2020 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60721

Actions (login required)

View Item View Item