PENYELESAIAN SENGKETA PINJAMAN MACET AKIBAT ANGGOTA WANPRESTASI DI KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) BHAKTI HUSADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Akhyar, Fauzan (2020) PENYELESAIAN SENGKETA PINJAMAN MACET AKIBAT ANGGOTA WANPRESTASI DI KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) BHAKTI HUSADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penyelesaian sengketa pinjaman macet akibat anggota wanprestasi di (KPRI) Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota. Pinjaman yang dilakukan di KPRI Bhakti Husada menggunakan formulir yang dijadikan perjanjian oleh para pihak sebagai dasar untuk melaksanakan perjanjian tersebut. Kasus dalam penelitian ini adalah mengenai anggota macet yang mutasi dan pensiun. Pinjaman macet diketahui ketika pembayaran yang dilakukan atau sistem pemotongan gaji yang dilakukan oleh pihak KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota tidak bisa dilakukan, dan iktikad baik anggota dalam membayar tidak pula ada, sehingga berujung kepada pinjaman macet. Penulis meneliti dan mengkaji apa faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi yang berujung pada pinjaman macet dan bagaimana proses penyelesaian sengketa pinjaman macet yang terjadi akibat anggota wanprestasi di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota. Penulis menggunakan pendekatan yuridis empiris, sifat penelitian besifat deskriptif dengan sumber yang berasal dari studi langsung di lapangan dan studi kepustakaan, dengan jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Adapun yang mejadi sampel dari penelitian penulis adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, studi lapangan dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode pendekatan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan di Koperasi KPRI Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota didapat kesimpulan sebagai berikut : pertama, adapun faktor yang menyebabkan pinjaman macet adalah mutasi dan pensiun karena pemotongan gaji tidak bisa dilakukan dan juga iktikad baik anggota dalam mambayar tidak ada. Kedua, penyelesaian pinjaman macet mengenai mutasi yaitu dilakukan pertama dengan surat peringatan yang terdiri dari surat peringatan satu, dua dan tiga, selanjutnya pendekatan secara lisan, surat fasilitasi pembayaran, surat peingatan jatuh tempo Adapun cara penyelesaian anggota macet yang pensiun yaitu yang pertama diberitahu melalui telfon/sms/wa paling lama 3 ( tiga ) bulan, apabila tidak ada juga tanggapan maka ditarik simpanan anggota tersebut dan langsung di reschedule dibukukan sebagai pinjaman baru dan apabila terdapat sisa hutang dan tidak dibayarkan maka sisa hutang menjadi tanggung jawab ahli waris jika yang bersangkutan meninggal dunia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Dian Amelia, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:44
Last Modified: 01 Sep 2020 02:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60710

Actions (login required)

View Item View Item