Pengaruh Penambahan Styrofoam Terhadap Durabilitas Campuran Split Mastic Asphalt (SMA)

Nugraha, Aditya (2020) Pengaruh Penambahan Styrofoam Terhadap Durabilitas Campuran Split Mastic Asphalt (SMA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Modifikasi terhadap campuran aspal untuk mempertahankan jumlahnya di alam serta menanbah kekuatanya perlu dilakukan, salah satu bahan yang dapat digunakan dan dicampurkan dengan aspal adalah Styrofoam. Penambahan Styrofoam sendiri dikarenakan banyaknya limbah dari bahan tersebut sehingga perlu didaur ulang. Penambahan Styrofoam dilakukan dengan Split Mastic Asphalt (SMA) untuk mendapatkan stabilitas, kelelehan dan durabilitas yang memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2010 Divisi 6 Revisi 3. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, menghasilkan kadar aspal optimum untuk Split Mastic Asphalt (SMA) sebesar 8,5%. Kadar aspal optimum ini nantinya dicampurkan dengan Styrofoam dengan variasi penambahan 0%, 6%, 7%, 8%, 9%, 10%. Untuk menghitung durabilitas Split Mastic Asphalt (SMA) yang dicampurkan dengan Styrofoam dilakukan perendaman dengan variasi waktu 0,5jam, 24jam, 48jam, 72jam dan 96 jam. Pada penelitian durabilitas perlu diperhatikan Indeks Kekuatan Sisa (IKS), Indeks Durabilitas Pertama (IDP), Indeks Durabilitas Kedua (IDK) dan kurva keawetan campuran untuk mendapatkan nilai dari durabilitas tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dilaboratorium, didapatkan hasil stabilitas dari campuran mengalami kenaikan dan masih memenuhi spesifikasi. Kelelehan juga mengalami kenaikan yang besar tetapi mengakibatkan nilai kelelehan tersebut tidak memenuhi spesifikasi, hasil lain dari kharakteristik marshaall seperti VIM, VMA, VFA dan MQ juga mengalami kenaikan. Durabilitas dari campuran tersebut juga naik sebesar 4% dari nilai awalnya yang dapat dilihat dari Indeks Kekuatan Sisa (IKS), Indeks Durabilitas Pertama (IDP), Indeks Durabilitas Kedua (IDK) dan kurva keawetan campuran. Dari penelitian juga dapat disimpulkan bahwa dengan ditambahnya Styrofoam kedalam campuran Split Mastic Asphalt (SMA) sangat berpengaruh pada naik nya kharakteristik marshall terutama stabilitas dan kelelehan. Durabilitas disetiap campuran penambahan Styrofoam mengalami kenaikan. Kadar Styrofoam optimum yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebesar 9%. Kata kunci : Split Mastic Asphalt (SMA), Styrofoam, Stabilitas, Kelelehan, Durabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ELSA EKA PUTRI, Ph.D
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:45
Last Modified: 31 Aug 2020 02:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60679

Actions (login required)

View Item View Item