ANALISIS ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS USAHA PETERNAKAN SAPI QURBAN DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG (Kasus: Pada Usaha Peternakan Bapak Afrizal Di Kelurahan Sungai Lareh Lubuk Minturun)

DWI, AFRIDO FAZRI (2020) ANALISIS ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS USAHA PETERNAKAN SAPI QURBAN DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG (Kasus: Pada Usaha Peternakan Bapak Afrizal Di Kelurahan Sungai Lareh Lubuk Minturun). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstraks pdf.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
1 skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek teknis dan aspek ekonomis usaha peternakan sapi Qurban bapak Afrizal selama satu periode pemeliharaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019 sampai Oktober 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus (case study). Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah bakalan, pakan, tata laksana, kandang, pencegahan dan pengendalian penyakit, penerimaan usaha, biaya produksi, pendapatan dan analisis R/C ratio. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan aspek teknis pada peternakan bapak Afrizal ini sudah dilakukan dengan baik seperti pemilihan bakalan sapi potong untuk sapi qurban, pemberian pakan berupa jerami padi dan konsentrat, tata laksana, perkandangan serta pencegahan dan pengendalian penyakit sudah cukup baik. Pemberian pakan berupa hijauan segar belum bisa tersedia karena keterbatasan lahan dan peternak hanya memberikan jerami padi sebagai pengganti hijauan selama masa pemeliharaan dan tidak adanya pencapaian target pertambahan bobot badan harian pada ternak. Aspek ekonomis berupa pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 244.457.278,- dengan rata-rata pendapatan perbulan sebesar Rp. 27.161.920,- sedangkan analisis efesiensi usaha berupa nilai R/C ratio sebesar 1,4. Dari analisis nilai R/C ratio maka usaha ini efisien dan mendapatkan untung dan mamfaat. Kata kunci: aspek teknis, aspek ekonomis dan R/C ratio

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Indira Adnani, MS
Uncontrolled Keywords: aspek teknis, aspek ekonomis dan R/C ratio
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:55
Last Modified: 28 Aug 2020 02:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60624

Actions (login required)

View Item View Item