Kajian Kerjasama Multipihak dalam Penyuluhan Hortikultura (bawang merah) di Sepanjang Aktivitas Rantai Nilai di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten solok

Virra, Putri silviana (2020) Kajian Kerjasama Multipihak dalam Penyuluhan Hortikultura (bawang merah) di Sepanjang Aktivitas Rantai Nilai di Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustak)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan penyuluhan dan kerjasama multipihak yang telah dilaksanakan disepanjang rantai nilai bawang merah (pra produksi-produksi-pascapanen-pemasaran), (2) Mengidentifikasi bentuk penyuluhan dan kerjasama multipihak yang dibutuhkan disepanjang aktivitas rantai nilai bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif dengan teknik pengambilan responden dan informan kunci secara sengaja, dengan pertimbangan tertentu. Sampel terdiri atas petani, penyuluh swasta, penyuluh swadaya, penyuluh pemerintah, dan, pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan penyuluhan disepanjang aktivitas rantai nilai bawang merah saat ini masih sangat terbatas, yaitu masih terfokus hanya pada aspek pra produksi dan produksi saja. Kegiatan penyuluhan yang dibutuhkan yaitu kegiatan penyuluhan yang dapat memberikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi petani mulai dari aspek pra produksi hingga pemasaran. Kerjasama multipihak dan penyuluhan kolaboratif disepanjang aktivitas rantai nilai sangat dibutuhkan untuk memajukan pertanian saat ini. Ketiga kategori penyuluh pertanian dan pemerintah terkait harus membentuk kerjasama dalam memberikan dukungan terkait kegiatan penyuluhan disepanjang rantai nilai sehingga produksi petani (suplai bawang merah ke pasar) dan harga menjadi lebih stabil. Kerjasama multipihak yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan potensi dan informasi yang dimiliki oleh semua pihak yang bersangkutan dan menciptakan suatu platform digital yang berfungsi untuk mendukung kegiatan penyuluhan disepanjang rantai nilai (mengintegrasikan produksi dan pemasaran serta mensinergikan para penyuluh).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Helmi, MS.c, P.hD
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, penyuluhan, rantai nilai, bawang merah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:14
Last Modified: 27 Aug 2020 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60605

Actions (login required)

View Item View Item