Dunia Maritim Minangkabau; Dokumentasi dan Klasifikasi Bentuk dan Jenis Folklor Yang Ada Dalam Prosesi Mambuek Puwau (Nag.Limo Koto, Kab. Sijunjung)

Kiki, Kiki Nofrijum (2020) Dunia Maritim Minangkabau; Dokumentasi dan Klasifikasi Bentuk dan Jenis Folklor Yang Ada Dalam Prosesi Mambuek Puwau (Nag.Limo Koto, Kab. Sijunjung). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrakk.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Puwau (perahu tradisional) yang terdapat di Nagari Limo Koto masih digunakan sampai sekarang ini oleh masyarakatnya sebagai penunjang pekerjaannya. Termasuk juga dalam mempertahankan produksi pembuatan Puwau atau yang dikenal dengan Mambuek Puwau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendokumentasikan dan mengklasifikasikan bentuk dan jenis folklor yang ada dalam prosesi Mambuek Puwau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode etnografi dan folklor yang diperoleh melalui teknik penelitian pendekatan etnografi, kemudian pra wawancara di tempat, wawancara di tempat dan teknik pengarsipan folklor. Pada prosesi Mambuek Puwau terdapat 7 prosesi yaitu 1) Maniliak, 2) Manobang, 3) Mambuek Karangko, 4) Maelo/Manuwunan Puwau, 5) Maondom, 6) Mangombang Puwau, dan 7) Masang Pongge. Adapun bentuk dan jenis folklor yang ada dalam prosesi mambuek Puwau ditemukan beberapa macam dari bentuk folklor seperti folklor lisan (Sejarah Puwau), folklor setengah lisan (Maniliak, Baimbauan, Manobang Kutiko Kamatian, Patah Tumbuah Hilang Baganti/Tanam Rantiang, Mandarahi Ayam, dan Pantangan Puwau), dan folklor bukan lisan (Puwau, Kapak Beliong, Sopik-sopik, Daun Kambie, Pasak Saribu, Lepoh, dan Kulik Kayu dan Aka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yerri Satria Putra, S.S., M.A.
Uncontrolled Keywords: folklor, mambuek puwau
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 27 Aug 2020 07:33
Last Modified: 27 Aug 2020 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60595

Actions (login required)

View Item View Item