Simulasi Pengaturan Kebutuhan Daya Reaktif pada Generator Induksi Menggunakan Switching Kapasitor Metode Binary Weighted

Naufal, Pratama Onny (2020) Simulasi Pengaturan Kebutuhan Daya Reaktif pada Generator Induksi Menggunakan Switching Kapasitor Metode Binary Weighted. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak Naufal Pratama Onny - 1610952032.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I Naufal Pratama Onny - 1610952032.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab V Naufal Pratama Onny - 1610952032.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Naufal Pratama Onny - 1610952032.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Tugas Akhir Naufal Pratama Onny - 1610952032.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Generator induksi banyak digunakan pada pembangkit energi terbaharukan karena banyak memiliki kelebihan, digunakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Generator induksi membutuhkan daya reaktif untuk tetap dapat beroperasi. Generator induksi yang terhubung ke grid mendapatkan suplai daya reaktif dari grid sedangkan generator induksi berpenguatan sendiri (GIPS) mendapatkan suplai daya reaktif dari kapasitor eksitasi. Pembebanan yang bersifat fluktuatif menyebabkan kebutuhan daya reaktif GIPS juga ikut berubah-ubah sehingga dibutuhkan suplai daya reaktif yang bisa diubah-ubah nilainya. Oleh karena itu digunakan fixed kapasitor yang merupakan kebutuhan dasar generator induksi untuk mempertahankan tegangan nominalnya serta switching kapasitor untuk memenuhi kebutuhan daya reaktif saat pembebanan generator. Pada penelitian ini dilakukan simulasi pengaturan daya reaktif fixed kapasitor dan switching kapasitor metode binary weighted pada GIPS sesuai mesin yang ada di laboratorium. Pada pengujian didapatkan nilai fixed kapasitor 34.8µF serta switching kapasitor metode binary weighted menggunakan nilai 1µF, 2µF, 4µF, dan 8µF. Switching kapasitor pada tegangan puncak tidak menimbulkan arus inrush sedangkan switching pada tegangan nol menimbulkan arus inrush yang berbeda setiap nilai kapasitor yang di switch ke sistem. Switching kapasitor menyuplai daya reaktif sehingga tegangan terminal generator menjadi naik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Refdinal Nazir, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: generator induksi, daya reaktif, fixed kapasitor, switching kapasitor, arus inrush
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:19
Last Modified: 01 Sep 2020 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60518

Actions (login required)

View Item View Item