PERAN TATA RUANG KANTOR DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT TELKOM INDONESIA GROUP (TELKOM PROPERTY) PADANG

VONNY, MAILANDA (2020) PERAN TATA RUANG KANTOR DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT TELKOM INDONESIA GROUP (TELKOM PROPERTY) PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER TUGAS AKHR - WATERMARK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
bab 5.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR VONNY 2020 fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pekerjaan sehari-hari, kantor adalah suatu ruangan atau bagian bangunan tempat melaksanakan segenap pekerjaan. Kantor juga merupakan satuan organisasi yang berfungi sebagai pusat pembagian pekerjaan dan penyusunan suatu hubungan pekerjaan sehari-hari yang terdiri antara staf dan pegawai untuk membantu pekerjaan pimpinan. Pimpinan melakukan koordinasi dan komunikasi sehingga semua pegawai yang berada di dalam kantor tersebut dapat mencapai tujuan yang sama. Agar proses arus kerja para pegawai dapat berjalan dengan lancar dan baik maka diperlukan penataan ruang kantor yang efektif. Tata ruang kantor adalah salah satu faktor penting dalam meningkatkan efektivitas kerja karyawan, serta merupakan penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruangan dan tentang penggunaannya secara terinci dari ruangan tersebut untuk menyiapkan suatu susunan praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak.. Begitu juga dengan Telkom Property (PT Graha Sarana Duta), untuk bisa membuat tata ruang kantor yang efektif dalam mendukung kinerja karyawan. Telkom Property (PT Graha Sarana Duta) sebagai salah satu anak perusahaan PT Telkom Indonesia yang bertugas sebagai Building Management, Construction, Transport Management, dan Property bagi PT Telkom yang kebutuhannya meningkat setiap tahunnya. Pendirian Telkom Property merupakan bagian 2 dari komitmen PT Telkom untuk terus melakukan pengembangan industri property yang saat ini semakin berkembang pesat, oleh karena itu diperlukan adanya tata ruang kantor yang efektif sehingga membuat karyawan lebih nyaman dan fokus dalam bekerja, untuk bisa meningkatan daya saing dalam industri property. Menurut Sedarmayanti (2009;101) “tata ruang kantor dapat pula diartikan sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat perlengkapan kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat, sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa, dan bebas bergerak guna mencapai efisiensi kerja”. Tatanan ruang kantor yang baik akan memberikan efek kenyamanan, ketentraman, kesejukan dan hal positif lainnya bagi karyawan saat mereka bekerja. Oleh karena itu, pemilihan layout harus menjadi salah satu agenda dari pihak manajemen, karena akan memepengaruhi produktivitas sebuah organisasi (Porras dan Robertson, 1992).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Arief Prima Johan, SE., M.Sc
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:46
Last Modified: 26 Aug 2020 03:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60471

Actions (login required)

View Item View Item