PENGARUH PEMBERIAN KATEKIN GAMBIR (Uncaria gambir roxb.) TERHADAP EKSPRESI GEN ENZIM TIROSINASE PADA CELL LINE MOUSE MELANOMA B16F10

Mimin, Oktaviana (2020) PENGARUH PEMBERIAN KATEKIN GAMBIR (Uncaria gambir roxb.) TERHADAP EKSPRESI GEN ENZIM TIROSINASE PADA CELL LINE MOUSE MELANOMA B16F10. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 (kesimpulan))
BAB 7 (kesimpulan).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img] Text (Tugas akhir ilmiah utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang Gambir merupakan salah satu bahan alam yang banyak ditemukan di Sumatera Barat, mengandung katekin lebih tinggi dibanding teh hijau. Berbagai penelitian menyatakan katekin berperan dalam menghambat proses melanogenesis, terutama menghambat ekspresi gen enzim tirosinase. Belum ada penelitian tentang pengaruh pemberian katekin gambir terhadap ekspresi gen enzim tirosinase. Tujuan Untuk membuktikan pengaruh pemberian katekin gambir terhadap ekspresi gen enzim tirosinase pada cell line mouse melanoma B16F10 Subjek dan metode Penelitian ini merupakan penelitian eksprerimental dengan post test control group design. Cell line mouse melanoma B16F10 diberi perlakuan dengan konsentrasi 0µM (kontrol), 10µM dan 20µM. Dinilai ekspresi gen enzim tirosinase dengan PCR setelah 24 jam, 48 jam dan 72 jam. Hasil Ekspresi gen enzim tirosinase pada konsentrasi 0µM (kontrol), 10µM dan 20µM masing-masing adalah 1,30, 2,44 dan 2,45 setelah 72 jam. Terdapat kecenderungan peningkatan ekspresi gen pada kontrol dan perlakuan, namun tidak bermakna secara statistik (p>0,05). Tidak didapatkan data ekspresi gen pada jam ke 24 dan 48, kemungkinan karena terjadi degradasi mRNA sehingga tidak mengekspresikan DNA. Diskusi Tidak adanya pengaruh pemberian katekin pada penelitian ini disebabkan karena katekin gambir tidak mempengaruhi level transkripsi gen enzim tirosinase. Perbedaan hasil penelitian katekin gambir dengan katekin teh hijau kemungkinan disebabkan berbedanya struktur kimia katekin, komposisi subekstrak dan konsentrasi dari katekin tersebut. Simpulan Tidak terdapat pengaruh pemberian katekin gambir terhadap ekspresi gen enzim tirosinase pada cell line mouse melanoma B16F10.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Satya Wydya Yenny, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV
Uncontrolled Keywords: herbal, melanogenesis
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:26
Last Modified: 26 Aug 2020 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60443

Actions (login required)

View Item View Item