ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH KOTA DALAM KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI BAGI KELOMPOK DISABILITAS DI KOTA PADANG

Nia, Audia (2020) ANALISIS KESIAPAN PEMERINTAH KOTA DALAM KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI BAGI KELOMPOK DISABILITAS DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Skipsi Full Text)
5. FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Kesiapan Pemerintah Kota Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Bagi Kelompok Disabilitas Di Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kota Padang yang merupakan daerah rawan bencana. Gempa bumi merupakan salah satu bencana yang memiliki ancaman potensi tinggi dan banyak merenggut korban jiwa di Kota Padang. Oleh karena itu Pemerintah Kota Padang memiliki tanggung jawab untuk melindungi masyarakatnya dari ancaman bencana termasuk kelompok. Kelompok disabilitas merupakan kelompok rentan dengan berkebutuhan khusus yang memiliki risiko bencana tinggi, sehingga diperlukan kesiapan pemerintah untuk meningkatkan kesiapsiagaan kelompok disabilitas untuk menghadapi bencana gempa bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Pemilihan informan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Disaster Preparedness yang dikemukakan oleh Randolph Kent. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Analisis Kesiapan Pemerintah Kota Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Bagi Kelompok Disabilitas Di Kota Padang telah mulai dilakukan meskipun dalam pelaksanaannya masih belum optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan belum tersedianya data terbaru mengenai kelompok disabilitas. Pemerintah Kota Padang telah memasukkan isu disabilitas di dalam perencanaan, namun keberadaan Unit Layanan Disabilitas belum dimiliki oleh BPBD Kota Padang. Selain itu juga terhambat mengenai sumber daya utama yang belum optimal. Keterbatasan anggaran dan juga sarana prasarana yang juga belum dapat tercukupi dengan baik. Sementara itu untuk bangunan shelter di Kota Padang telah mempertimbangkan aspek disabilitas, hanya saja prasarana keseluruhan bangunan gedung masih belum memiliki akses untuk disabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Pemerintah, Kesiapsiagaan, Disabilitas, Bencana Gempa Bumi
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 25 Aug 2020 08:03
Last Modified: 25 Aug 2020 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60406

Actions (login required)

View Item View Item