Sali, Zakiah Muslim (2020) Literature Review : Analisis Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Keluhan Pasien Di Rumah Sakit. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (314kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang profesional dan sesuai dengan harapan pasien yang menikmati layanan tersebut, sehingga menimbulkan kepuasan bagi pasien. Tetapi pada kenyataannya, masih banyak keluhan pasien pada pelayanan di rumah sakit karena mutu pelayanan kesehatan yang masih tergolong kurang baik pada setiap dimensi mutu pelayanan yaitu tangible, realibility, responsiveness, assurance dan empathy. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menelaah literatur, artikel atau jurnal hasil penelitian yang mengidentifikasi hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan keluhan pasien di rumah sakit dengan menggunakan pendekatan literature review. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode literature review, dari 11 jurnal pada database Pubmed, Science Direct dan Google Schoolar dalam periode 2010 - 2020. Analisis literatur dilakukan berdasarkan desain penelitian, tempat, sampel, responden, tujuan dan hasil penelitian. Hasil : Mutu pelayanan kesehatan dalam kategori baik terdapat pada realibility dan responsiveness, kurang baik terdapat pada tangible, assurance dan empathy. Pasien mengeluhkan pelayanan di rumah sakit pada pelayanan keperawatan terutama pada sikap dan sifat perawat kurang baik, komunikasi tidak terapeutik dan keterampilan tidak profesional dan juga belum ditemukannya hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan keluhan pasien di rumah sakit. Saran : Diharapkan rumah sakit lebih memfokuskan terhadap mutu pelayanan yang bermasalah terutama pada dimensi tangible, empathy dan realibility, rumah sakit juga dapat memperhatikan keluhan pasien secara serius terutama pada tindakan keperwatan dan juga untuk peneliti selanjutnya agar mencari jurnal atau artikel penelitian yang lebih spesifik dengan judul penelitian dan tujuan penelitian, agar keakuratan data lebih baik dalam penelitiannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Yulastri Arif, S.Kp, M.Kep |
Uncontrolled Keywords: | Keluhan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 02:48 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 02:48 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60255 |
Actions (login required)
View Item |