APLIKASI BIOCHAR SEKAM PADI DALAM MEMPERBAIKI SIFAT KIMIA TANAH BEKAS TAMBANG EMAS UNTUK BUDIDAYA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

Shinta, Elvita Bella (2020) APLIKASI BIOCHAR SEKAM PADI DALAM MEMPERBAIKI SIFAT KIMIA TANAH BEKAS TAMBANG EMAS UNTUK BUDIDAYA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text (Full text)
skripsi full ShintaElvitaBella.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pertambangan emas di Kabupaten Sijunjung menimbulkan dampak pencemaran lingkungan dan penurunan kualitas tanah. Kerusakan lahan utama yang ditimbulkan oleh aktivitas pertambangan emas adalah terjadinya pencemaran tanah oleh Merkuri (Hg). Sehingga perlu dilakukan penambahan amelioran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan biochar sekam padi dalam mengurangi jumlah Hg, memperbaiki sifat kimia tanah dan meningkatkan pertumbuhan tanaman padi (Oryza sativa L.) di tanah bekas tambang emas. Penelitian dilaksanakan di Rumah Kawat Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Penelitian terdiri dari 4 perlakuan (A = kontrol, B = 20 ton/ha, C = 40 ton/ha, dan D = 60 ton/ha) dan 3 ulangan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberianbiochar sekam padi mampu mengurangi jumlah Hg pada tanah dan tanaman. Perlakuan D dengan dosis 60 ton/ha mampu mengurangi jumlah Hg pada tanah hingga 1,8 ppm dan kadar Hg pada tanaman hingga 2,45 ppm jika dibandingkan dengan kontrol. Pemberian biochar sekam padi dengan dosis 60 ton/ha mampu memperbaiki sifat kimia tanah bekas tambang emas seperti meningkatkan pH tanah 0,94 unit, C- organik 0,96%, N-total 0,17%, P-tersedia 1,52 ppm, KTK 11,09 cmol/kg dan kandungan basa-basa seperti Ca-dd 1,30 cmol/kg, Mg-dd 0,36 cmol/kg, K-dd 0,15 cmol/kg, Na-dd 0,08 cmol/kg dan menurunkan Al-dd 1,85 cmol/kg. Pemberian biochar sekam padi juga mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman padi (Oryza sativa L.). Pertumbuhan optimum didapatkan pada perlakuan C (40 ton/ha) dengan peningkatan tinggi tanaman 18,66 cm, jumlah anakan total 14 batang dan 15 anakan produktif, percepatan umur berbunga yaitu 12 hari, peningkatan angkutan hara N 11,19 g/tanaman, angkutan hara P 0,71 g/tanaman dan angkutan hara K 6,25 g/tanaman. Kata kunci : tambang emas, biochar, padi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Gusmini, SP. MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:38
Last Modified: 18 Aug 2020 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60193

Actions (login required)

View Item View Item