PERANCANGAN PEGENDALIAN KURSI RODA MENGGUNAKAN SENSOR LEAP MOTION DENGAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES SEBAGAI PENGENAL GESTUR PERGELANGAN TANGAN

Kalputra, Hadi (2020) PERANCANGAN PEGENDALIAN KURSI RODA MENGGUNAKAN SENSOR LEAP MOTION DENGAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES SEBAGAI PENGENAL GESTUR PERGELANGAN TANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Disabilitas adalah suatu kondisi yang mana penderitanya tidak dapat melakukan kegiatan atau aktifitas sehari-hari secara normal. Tuna daksa merupakan salah satu jenis disabilitas yang mengakibatkan penderita kesulitan dalam bergerak karena terdapat kelainan neuro-muscular dan struktur tulang. Sehingga, biasanya penderita menggunakan alat bantu gerak untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Kursi roda elektrik merupakan salah satu alat bantu gerak yang dapat digunakan oleh penderita tuna daksa. Berbeda dengan alat bantu sejenis kursi roda elektik membutuhkan sistem dan alat kendali untuk mengoperasikannya, yang mana pada penelitian ini menggunakan sensor leap motion, dan metode klasifikasi Naïve Bayes sebagai klasifikasi data pembacaan sensor leap motion terhadap gerakan pergelangan tangan. Selain perancangan sistem kendali kursi roda, perancangan mekanikal dan elektrikal juga dibutuhkan agar sistem kendali yang sudah dirancang dapat diimplementasikan ke kursi roda. Oleh karenanya pada penelitian ini menggunakan persamaan dinamika kendaraan sebagai acuan untuk perancangan kursi rodanya. Pengujian performansi kursi roda dilakukan pada lintasan dengan panjang total 22.1 meter dan didapatkan akurasi sistem pengendalian kursi roda sebesar 99.30%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi
Uncontrolled Keywords: Disabilitas, Naïve Bayes, Leap Motion, persamaan dinamika kendaraan, kursi roda elektrik.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:25
Last Modified: 26 Aug 2020 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60179

Actions (login required)

View Item View Item