PENGARUH INTERVENSI SLEEP HYGIENE TERHADAP KUALITAS TIDUR DAN SLEEP HYGIENE INDEX REMAJA : SEBUAH LITERATUR REVIEW

Asti, Widya Utami (2020) PENGARUH INTERVENSI SLEEP HYGIENE TERHADAP KUALITAS TIDUR DAN SLEEP HYGIENE INDEX REMAJA : SEBUAH LITERATUR REVIEW. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (Penutup))
BAB AKHIR (Penutup).pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas tidur yang buruk pada remaja, tidak hanya berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental saja tapi juga dapat mempengaruhi prestasi belajar di sekolah. Salah satu faktor yang menyebabkan kualitas tidur buruk pada remaja adalah perilaku sleep hygiene yang juga buruk. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah literatur, artikel dan dokumen hasil penelitian yang mengidentifikasi pengaruh intervensi sleep hygiene untuk meningkatkan kualitas tidur dan perilaku sleep hygiene pada remaja. Penelusuran artikel penelitian dilakukan dibeberapa database menggunakan kata kunci yang telah ditetapkan dalam periode tahun 2010- 2020. Hasil penelusuran didapatkan ada 21 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi, namun hanya 10 jurnal yang memberikan intervensi dan bisa dianalisis lebih jauh. Analisis kritis terhadap 10 jurnal dilakukan berdasarkan desain penelitian, populasi dan sampel, perlakuan, parameter, temuan dan kesimpulan. Meta-analisis tidak mungkin dilakukan karena studi yang terbatas oleh karena itu, hasil disajikan dalam bentuk narasi. Studi literature yang dilakukan menunjukan bahwa ada banyak program intervensi sleep hygiene yang bisa diberikan, namun yang paling umum diberikan adalah dengan cara memberikan informasi tentang tidur. Pemberian Intervensi sleep hygiene bisa menjadi salah satu alternative untuk mengatasi masalah kualitas tidur dan perilaku hygiene yang buruk pada remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Hermalinda, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: Kualitas tidur, sleep hygiene index/ Perilaku sleep hygiene, Intervensi sleep hygiene, dan remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:08
Last Modified: 14 Aug 2020 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60165

Actions (login required)

View Item View Item