UPAYA PENAMBANG BATU KAPUR DALAM PEMENUHAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus: Rao-Rao, Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang)

Gustina, Maiyetti Putri (2020) UPAYA PENAMBANG BATU KAPUR DALAM PEMENUHAN EKONOMI KELUARGA (Studi Kasus: Rao-Rao, Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Rumah tangga penambang batu kapur adalah salah satu contoh nyata dari keluarga prasejahtera yang ada di masyarakat. Rumah tangga penambang batu kapur di Rao-Rao tergolong miskin. Pelibatan anggota keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam menyiasati serta mengatasi kemiskinan yang dialami rumah tangga penambang batu kapur sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kehidupan penambang batu kapur di Rao-Rao dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan penambang batu kapur dalam memenuhi perekonomian keluarga. Penelitian ini dijelaskan dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam observasi dan studi kepustakaan. Penepatan informan menggunakan teknik purposive, dengan jumlah 15 orang. Informan dibagi ke dalam dua jenis, yaitu informan kunci dan informan biasa. Informan kunci yaitu aparat pemerintah di Rao-Rao dan tokoh masyarakat yang dianggap mengetahui dan dinilai juga bisa menjelaskan pertanyaan peneliti, sedangkan informan biasa yaitu penambang batu kapur dan anggota-anggota keluarganya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kehidupan penambang batu kapur di Rao-Rao dilihat dari, kondisi sosial ekonomi berupa pendapatan, jenis konsumsi, jumlah tanggungan keluarga, pendidikan penambang batu kapur di Rao-Rao dan kondisi rumah. Selain itu, aktifitas penambang batu kapur antara lain kegiatan penggalian batu kapur, pembakaran, penyotiran dan pengemasan, pemasaran, peralatan yang digunakan dan sistem hasil penambang batu kapur. Selanjutnya peneliti juga menunjukkan adanya upaya penambang batu kapur dalam pemenuhan ekonomi keluarga yaitu melakukan pekerjaan diluar sektor penambang batu kapur yaitu dengan bekerja sebagai petani, beternak, berdagang, dan bekerja sebagai buruh bangunan. Upaya lain adalah melakukan pinjaman dan melibatkan anggota keluarga dalam kegiatan ekonomi agar mendapat kesejahteraan hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, industri kapur, penambang batu kapur, ekonomi keluarga.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 13 Aug 2020 07:11
Last Modified: 13 Aug 2020 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60131

Actions (login required)

View Item View Item