IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGALIHAN KEWENANGAN PENDIDIKAN MENENGAH ATAS DARI PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA KE PEMERINTAH PROVINSI (STUDI DI PROVINSI SUMATERA BARAT)

Wilda, Sumarsyah (2020) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGALIHAN KEWENANGAN PENDIDIKAN MENENGAH ATAS DARI PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA KE PEMERINTAH PROVINSI (STUDI DI PROVINSI SUMATERA BARAT). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER_DAN_ABSTRAK[1].pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB_1[1].pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
BAB_7[1].pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
TESIS[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Wilda Sumarsyah Program Studi : Magister Administrasi Negara Judul : Implementasi Kebijakan Pengalihan Kewenangan Pendidikan Menengah Dari Pemerintah Kabupaten atau Kota ke Pemerintah Provinsi (Studi di Sumatera Barat) Disahkannya UNDANG-UNDANGNo 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah maka terjadi peralihan dalam pengelolaan yang berhubungan dengan bidang pendidikan menengah. UNDANG-UNDANGNo 23 Tahun 2014 mendelegasikan bahwa kewenangan pengelolaan sekolah menengah atas yang sebelumnya dikelola oleh kabupaten atau kota diserahkan ke pemerintah provinsi. Tujuan dari penelitian ini, untuk menjelaskan implementasi kebijakan pengalihan kewenangan pendidikan menengah atas ke Pemerintah Provinsi di Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelotian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan survei. Hasil dari penelitian sesuai dengan teori Edward C III bahwa implementasi kebijakan dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana, dan struktur birokrasi berhubungan positif dan signifikan terhadap implementasi kebijakan pengalihan kewenangan pendidikan menengah dari Pemerintah Kabupaten atau Kota ke Pemerintah Provinsi di Provinsi Sumatera Barat. Demikian juga secara parsial ditemukan bahwa variabel-variabel tersebut berhubungan positif dan signifikan terhadap implementasi kebijakan pengalihan kewenangan pendidikan menengah dari Pemerintah Kabupaten atau Kota ke Pemerintah Provinsi di provinsi Sumatera Barat. Kata kunci : hubungan, komunikasi, sumber daya, sikap, struktur, birokrasi, implementasi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Jendrius, M.Si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 administrasi publik
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:21
Last Modified: 12 Aug 2020 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60092

Actions (login required)

View Item View Item