Analisa Manajemen Fasilitas Tempat Evakuasi Sementara (TES) Ulak Karang, TES Nurul Haq, TES Darussalam, TES Air Tawar Timur Kota Padang

Muhammad, Pangeran Yusuf (2020) Analisa Manajemen Fasilitas Tempat Evakuasi Sementara (TES) Ulak Karang, TES Nurul Haq, TES Darussalam, TES Air Tawar Timur Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
1610922006_Muhammad_Pangeran_Yusuf_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kota Padang merupakan salah satu kota dengan tingkat resiko bencana tsunami tertinggi di Indonesia. Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi risiko bencana adalah dengan membangun tempat evakuasi vertikal berupa gedung khusus yang dikenal dengan istilah Tempat Evakuasi Sementara (TES). Di Kota Padang TES telah dibangun sebanyak empat unit, yaitu TES Ulak Karang, TES Nurul Haq, TES Darussalam, TES Air Tawar Timur. Sebagaimana halnya gedung, TES juga membutuhkan manajemen operasional dan perawatan yang baik sehingga pada saat bencana terjadi dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dibanding dengan gedung pada umumnya manajemen fasilitas TES tentu berbeda dan unik sehingga membutuhkan perhatian khusus. Makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi manajemen fasilitas TES yang dilakukan saat ini dan mengkaji rekomendasi bagaimana sebaiknya manajemen fasilitas TES dilakukan. Pencapaian tujuan ini dilakukan dengan melakukan studi khasus pada ke-empat TES yang berada di Kota Padang. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung pada gedung TES serta melakukan wawancara dengan pemerintah dan masyarakat disekitar TES tentang pengelolaan TES dan kendala yang dihadapi dalam pengelolaanya. Analisis data dilakukan dengan medode static descriptive dan content analysis. Hasil studi ini menunjukan bahwa model manajemen fasilitas TES berbeda satu dan lainya. Fasilitas TES ditemukan sudah banyak yang tidak berfungsi dengan baik dan dikhawatirkan akan menghambat proses evakuasi serta meningkatkan risiko bencana berikutnya (residual risk) pada masa tanggap darurat. Manajemen fasilitas TES sebaiknya dengan membentuk pengelola dengan unsur utama adalah masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar TES serta melakukan pembatasan akses masuk agar menghindari dari pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menjaga fasilitas TES, Serta melakukan penggunaan aktif TES untuk kegiatan sosial dan sehari-hari agar meningkatkan perhatian dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan TES.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Taufika Ophiyandri,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Manajemen Fasilitas, Tempat Evakuasi Sementara, Bencana Tsunami, Kota Padang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 11 Aug 2020 07:09
Last Modified: 11 Aug 2020 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60085

Actions (login required)

View Item View Item