Transformasi jurnalisme pada perkembangan teknologi informasi (penyajian liputan media cetak ke media online harian haluan dan harian singgalang)

Mis, Fransiska Dewi (2020) Transformasi jurnalisme pada perkembangan teknologi informasi (penyajian liputan media cetak ke media online harian haluan dan harian singgalang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan perkembangan internet telah menimbulkan perubahan pada industri media. Industri media cetak seperti koran mengalami kesulitan karena oplah yang semakin menyusut setiap harinya. Transformasi media cetak ke media online juga tidak berjalan dengan mulus. Beberapa media online di Sumatra Barat yang mengawali penerbitannya melalui media cetak hanya memindahkan medianya saja dari cetak ke online dengan praktik jurnalisme online. Di era internet saat ini jurnalis dituntut untuk serba cepat dan serba bisa sehingga menimbulkan permasalahan–permasalahan yang muncul dalam proses pengumpulan, pengolahan, dan penyajian berita. Penelitian ini bertujuan mengetahui transformasi jurnalisme media cetak ke media online pada Harian Haluan dan Harian Singgalang serta bagaimana upaya media cetak bertahan. Transformasi media cetak ke media online dibedah menggunakan teori mediamorfosis Roger Fidler. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-naratif dan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi media cetak ke media online Harian Haluan dan Harian Singgalang yang menjadi kendala utamanya adalah sumber daya manusia yang masih sangat terbatas. Media cetak sangat mengedepankan berita yang akurat, komprehensif, dan mendalam berubah semenjak adanya media online dengan praktik jurnalisme online seperti kecepatan yang menjadi karakter paling dominan, tidak cover both side, dan tak jarang melakukan verifikasi pasca publikasi serta malakukan clickbait untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Media online yang dapat memanfaatkan digitalisasi dengan baik akan lebih dapat menarik minat pembaca. Harianhaluan.com lebih dapat berkembang karena memanfaatkan digitalisasi dengan baik. Media cetak Harian Haluan dan Harian Singgalang masih dapat bertahan di tengah transformasi media dan jurnalisme dengan melakukan upaya-upaya dalam mempertahankan liputannya. Kata Kunci: Transformasi, Mediamorfosis, Jurnalisme Online, Media Cetak, Media Online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:19
Last Modified: 19 Aug 2020 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60061

Actions (login required)

View Item View Item