PENGARUH PEMBERIAN RHIZOBAKTERI DAN JENIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.)

Riska, Gusnia Putri (2020) PENGARUH PEMBERIAN RHIZOBAKTERI DAN JENIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
2. BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V (Kesimpulan ))
3. BAB V (KESIMPULAN)-1.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
5. TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kentang merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak dibudidayakan di indonesia. Kentang digunakan sebagai sayuran, bahan makanan pokok dan juga bahan baku industri. Namun produksinya tidak mampu memenuhi permintaan pasar sehingga dibutuhkan penelitian yang mampu meningkatkan produksi tanaman kentang. Penelitian bertujuan untuk mempelajari interaksi antara beberapa jenis rhizobakteri dan fungi mikoriza arbuskula (FMA) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang. Penelitian dilakukan di Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota dari bulan November 2019 –Februari 2020. Rancangan Faktorial dengan dua faktor dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang dibagi dalam 3 kelompok. Faktor pertama adalah jenis rhizobakteri yang terdiri dari tanpa rhizobakteri, rhizobakteri RZ3.L2.1, rhizobakteri RZ3.L2.2 dan rhizobakteri RZ3.L2.5. Faktor kedua adalah jenis FMA terdiri dari Mikoriza glomus, Mikoriza acaulospora dan Mikoriza sclerocystis. Data diuji F dan uji lanjut DNMRT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi terbaik diperoleh pada aplikasi rhizobakteri RZ3.L2.2 dengan Mikoriza glomus yang dapat dilihat pada jumlah spora, tinggi tanaman, jumlah daun, bobot umbi per tanaman, bobot umbi per petak dan per hektar. Kata Kunci : rhizobakteri, fungi mikoriza arbuskular (FMA), Solanum tuberosu

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ir. Warnita, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:47
Last Modified: 10 Aug 2020 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60018

Actions (login required)

View Item View Item