PENGARUH BERMAIN VIDEO GAME PUBG SUBTIPE THIRD PERSON SHOOTER TERHADAP ATENSI DAN WAKTU REAKSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Hizbullah Arsya, Rashif (2020) PENGARUH BERMAIN VIDEO GAME PUBG SUBTIPE THIRD PERSON SHOOTER TERHADAP ATENSI DAN WAKTU REAKSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 - Pendahuluan)
BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 - Hasil Penelitian)
BAB 5 - HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, popularitas video game terus meningkat. Di Indonesia saja jumlah pemain video game meningkat 33% setiap tahunnya. Salah satu video game yang populer di Indonesia adalah PlayerUnknown’s Battlegrounds atau biasa disingkat PUBG yang merupakan online multiplayer shooter video game dengan genre action dan strategy. Video games dengan genre action menuntut untuk terus memprediksi ritme dan kejadian yang akan terjadi di dalam permainan sehingga membutuhkan atensi dan waktu reaksi yang optimal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental comparison group pre-test and post-test design yang ditujukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2015 – 2019 (n=36) sebagai sampel penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok Heavy Frequency Gamer (HFG) dan kelompok Low Frequency Gamer (LFG). Atensi dan waktu reaksi sampel diukur sebelum dan sesudah bermain video game PlayerUnknown’s Battlegrounds selama satu jam dengan menggunakan perangkat lunak Attention Network Test. Atensi dan waktu reaksi sebelum dan sesudah bermain dianalisis dengan uji T berpasangan, sedangkan rerata atensi dan waktu reaksi antarkelompok dianalisis menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan atensi yang tidak bermakna pada ketiga komponen fungsi atensi yaitu alerting, orienting, dan conflict pada kedua kelompok. Peningkatan waktu reaksi yang bermakna ditemukan pada kelompok HFG dan LFG. Waktu reaksi pada kelompok HFG mengalami peningkatan yang tidak bermakna, sedangkan waktu reaksi pada kelompok LFG mengalami peningkatan yang bermakna. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh bermain PlayerUnknown’s Battlegrounds terhadap atensi, namun terhadap waktu reaksi terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok Low Frequency Gamer. Kata kunci : Video game, atensi, waktu reaksi, PlayerUnknown’s Battlegrounds, Attention Network Test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Yose Ramda Ilhami, Sp.JP
Subjects: Q Science > QP Physiology
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Aug 2020 06:58
Last Modified: 07 Aug 2020 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60000

Actions (login required)

View Item View Item