PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SDN 05 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2014

NAULI, RUMONDANG (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SDN 05 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2014. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
201501261116th_skripsi nauli rumondang lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Anak usia sekolah merupakan masa rawan terserang penyakit. Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit. Pendidikan kesehatan mengupayakan agar perilaku terutama anak usia sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap pemeliharaan dan peningkatan kesehatan. Metode demonstrasi merupakan metode yang paling efektif untuk anak usia sekolah karena kesalahan yang terjadi dari hasil ceramah dapat diperbaiki melalui pengamatan dan contoh konkret dengan menghadirkan objek yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengaruh pendidikan kesehatan metode demonstrasi terhadap kemampuan mencuci tangan pakai sabun siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental dengan pendekatan one group pre test posttest design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling yang terdiri dari 42 siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 05 Gunung Tuleh Kabupaten pasaman Barat pada tanggal 14 Desember 2014-20 Desember 2014. Hasil penelitian didapatkan peningkatan kemampuan mencuci tangan pakai sabun siswa. Terdapat hubungan bermakna antara pendidikan kesehatan dengan metode demonstrasi terhadap kemampuan mencuci tangan siswa nilai p=0,000 (<0,05) dengan uji wilcoxon. Saran yang diberikan agar dapat menjadikan metode demonstrasi sebagai pilihan metode yang efektif dalam memberikan pendidikan kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 30 Apr 2016 02:33
Last Modified: 30 Apr 2016 02:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item