Efek Proteksi Pemberian Ekstrak Daun Jamblang (Syzygium cumini) Terhadap Peningkatan Aktivitas Serum Glutamate Pyruvate Transaminase Tikus (Rattus norvegicus) Jantan Yang Diinduksi Timbal Asetat

Adilla, Oktariza Zarwin (2020) Efek Proteksi Pemberian Ekstrak Daun Jamblang (Syzygium cumini) Terhadap Peningkatan Aktivitas Serum Glutamate Pyruvate Transaminase Tikus (Rattus norvegicus) Jantan Yang Diinduksi Timbal Asetat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 _Pendahuluan_.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 _Penutup_.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Timbal (Pb) merupakan suatu logam berat yang bersifat toksik bagi tubuh. Timbal dapat menginduksi pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif sehingga berujung pada kematian sel. Kematian sel menstimulasi peningkatan enzim hati seperti SGPT dan SGOT. Tubuh memerlukan antioksidan eksogen untuk menghambat stres oksidatif akibat radikal bebas. Daun jamblang mengandung antioksidan alami seperti flavonoid dan fenolik yang dapat menangkal radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek proteksi pemberian ekstrak daun jamblang terhadap peningkatan aktivitas serum glutamate pyruvate transaminase (SGPT) tikus jantan yang diinduksi timbal asetat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan rancangan randomized post test only group design menggunakan 15 ekor tikus jantan yang dibagi atas 3 kelompok yaitu kelompok kontrol negatif (K-) yang diberikan pakan standar, kelompok kontrol positif (K+) yang diberikan pakan standar dan timbal asetat dosis 40 mg/KgBB per oral, kelompok perlakuan 1 (P1) yang diberikan pakan standar serta timbal asetat dosis 40 mg/KgBB dan ekstrak daun jamblang dosis 150 mg/KgBB per oral. Penelitian ini dilakukan selama 28 hari dan di hari ke-29 tikus dimatikan lalu diambil serumnya untuk diperiksa kadar SGPT. Pemeriksaan kadar SGPT menggunakan tes berdasarkan kriteria IFCC tanpa pyridoxal phosphate dengan metode Sample Start. Data dianalisis dengan uji Shapiro Wilk, uji One Way Anova dan uji Post Hoc Tukey’s HSD. Hasil penelitian ini menunjukkan rerata kadar SGPT kelompok kontrol negatif (K-) 46,6 U/L, kelompok kontrol positif (K+) 73,9 U/L, dan kelompok perlakuan 1 (P1) 62,0 U/L. Hasil ini menunjukkan perbedaan bermakna rerata kadar SGPT semua kelompok hewan coba yang dibuktikan dengan nilai p < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya efek proteksi pemberian ekstrak daun jamblang terhadap peningkatan aktivitas SGPT tikus yang diiinduksi oleh timbal asetat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rauza Sukma Rita, PhD
Uncontrolled Keywords: Timbal asetat, ekstrak daun jamblang, SGPT.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Aug 2020 04:31
Last Modified: 07 Aug 2020 04:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59962

Actions (login required)

View Item View Item