Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jam Gadang Kota Bukittinggi

Ulfa, Arifa (2020) Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jam Gadang Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Ulfa Arifa (1410842012) full.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta jam Gadang di Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PDAM Tirta Jam Gadang selaku BUMD yang berkewajiban memberikan layanan dasar penyediaan air bersih untuk masyarakat di Kota Bukittinggi. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan menyediakan air dalam hal kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Dalam menjalankan tugasnya PDAM menghadapii berbagai persoalan diantaranya tingginya tingkat kebocoran, dan beberapa keluhan masyarakat tentang kualitas air yang didistribusikan dan kontinuitasnya ke rumah pelanggan. Penelitian menggunakan teori pengukuran kinerja Wahyudi Kumorortomo yang mengukur kinerja organisasi melalui 4 kriteria yaitu efisiensi, efektivitas, keadilan, dan daya tanggap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan secara interactive model dari Miles dan Huberman. Sementara itu teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan kinerja PDAM Tirta jam Gadang Kota Bukittinggi belum dapat dikatakan baik. hal ini dibuktikan dengan belum maksimalnya pemanfaatan sumber daya yang ada oleh PDAM terutama sumber daya air baku, kemudian produksi air yang belum memenuhi harapan pelanggan sehingga masih banyak masyarakat yang tidak dapat menikmati pelayanan air minum secara optimal dan adanya keluhan yang diterima yang tidak ditindak lanjuti dan butuh waktu lama baru teratasi. Kata Kunci : Kinerja Organisasi, Air Bersih, PDAM Tirta Jam Gadang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:41
Last Modified: 05 Aug 2020 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59916

Actions (login required)

View Item View Item