Analisis Perbandingan Relai Rate of Change of Frequency (ROCOF) dan Under Frequency Relay (UFR) dalam Pelepasan Beban di Sistem Kelistrikan Provinsi Lampung Menggunakan Digsilent PowerFactory

Adiv, Rama Salvayer (2020) Analisis Perbandingan Relai Rate of Change of Frequency (ROCOF) dan Under Frequency Relay (UFR) dalam Pelepasan Beban di Sistem Kelistrikan Provinsi Lampung Menggunakan Digsilent PowerFactory. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TA Full Text)
TA Adiv Rama Salvayer (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem kelistrikan Lampung memiliki kapasitas pembangkit yang lebih kecil dari beban, sehingga membutuhkan transfer daya yang besar dari Sumatera Selatan. Kondisi ini rawan terhadap stabilitas jika terjadi kehilangan pembangkitan. Apabila daya yang tersedia lebih kecil dibandingkan beban maka akan menyebabkan under frequency yang harus segera diatasi dengan pelepasan beban. Karena itu diperlukan metode pelepasan beban yang efektif yang dapat mengembalikan frekuensi ke nilai normal dan jumlah beban yang dilepas minimal. Pada penelitian ini, skema relai Rate of Change of Frequency (ROCOF) dan Under Frequency Relay (UFR) dibandingkan dengan skema UFR saja. Setting relai ROCOF didasarkan pada kecepatan perubahan frekuensi ketika PLTU Tarahan 4 trip dan kehilangan transfer daya dari Grid Bukit Asam. Pengujian kedua skema dilakukan dengan simulasi kehilangan pembangkitan dan hubung singkat 3 fasa pada saluran transmisi dan gardu induk menggunakan software Digsilent Powerfactory. Hasil pengujian menunjukkan bahwa gangguan hubung singkat tidak menyebabkan mal operasi relai untuk kedua jenis skema proteksi tersebut. Namun untuk pengujian kasus kehilangan pembangkitan, skema yang hanya menggunakan relai UFR tetap mengalami under frequency meskipun telah terjadi pelepasan beban, yakni ketika gangguan tripnya PLTU Tarahan 4, kehilangan transfer daya dari Grid Bukit Asam, dan tripnya dua pembangkit (PLTU Tarahan 4 dan PLTG Tarahan 1). Sementara skema ROCOF dan UFR berhasil mengembalikan frekuensi ke range normal. Untuk kondisi kehilangan transfer daya, skema UFR memperoleh frekuensi steady state sebesar 49,786 Hz sedangkan skema ROCOF dan UFR memperoleh frekuensi 49,801 Hz untuk jumlah pelepasan beban yang sama. Sehingga dapat disimpulkan pelepasan beban dengan menggunakan relai ROCOF dan UFR lebih efektif dibandingkan dengan hanya menggunakan relai UFR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Adrianti
Uncontrolled Keywords: Pelepasan beban, Rate of Change of Frequency (ROCOF), dan Under Frequency Relay (UFR)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:04
Last Modified: 10 Aug 2020 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59911

Actions (login required)

View Item View Item