Hubungan Penggunaan Smartphone pada Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Nika, Fitri (2020) Hubungan Penggunaan Smartphone pada Malam Hari Terhadap Kualitas Tidur Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Smartphone adalah telepon yang menggabungkan kemampuan-kemampuan canggih dan merupakan bentuk lanjutan dari Wireless Mobile Device (WMD) yang bisa berfungsi seperti komputer dengan menawarkan fitur-fitur yaitu Personal Digital Assistant (PDA), akses internet, e-mail, dan Global Positioning System (GPS). Selain itu juga terdapat fitur lain seperti kamera, video, pemutar audio, dan fungsi ponsel. Indonesia merupakan negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar yang berada pada posisi keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika.Smartphone dilengkapi dengan tampilan light-emitting diode (LED) yang pada malam hari dapat menyebabkan penekanan produksi melatonin yang mempengaruhi regulasi sirkadian dari siklus tidur-bangun, sehingga mempengaruhi kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone pada malam hari terhadap kualitas tidur mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada angkatan 2017, 2018 dan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2019 – Juni 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 261 sampel. Hasil penelitian didapatkan : penggunaan smartphone pada malam hari <2 jam (11,1 %), >2 jam (88,9%), kualitas tidur baik (37,9%), kualitas tidur buruk (62,1%). Hasil analisis bivariat didapatkan nilai p-value 0,024 (<0,05) yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan smartphone pada malam hari terhadap kualitas tidur mahasiswa angkatan 2017, 2018 dan 2019 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan smartphone pada malam hari terhadap kualitas tidur mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kata kunci: Smartphone, kualitas tidur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fathiya Juwita Hanum, Sp.Onk.Rad
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:18
Last Modified: 03 Aug 2020 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59906

Actions (login required)

View Item View Item