EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENYAKIT DIABETES MELITUS DI WILAYAH PUSKESMAS SEBERANG PADANG TAHUN 2020

SAPHIRA, INDRA (2020) EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENYAKIT DIABETES MELITUS DI WILAYAH PUSKESMAS SEBERANG PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak fir.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I FIR.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR FIR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FIR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI VALIDASI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Penyakit Diabetes Melitus di 23 Puskesmas Kota Padang masih belum mencapai target 100%. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Penyakit Diabetes Melitus di Wilayah Puskesmas Seberang Padang Tahun 2020. Metode Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan sistem, informan penelitian sebanyak 6 orang. Teknik penentuan informan purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, telaah dokumen, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan content analysis. Pengolahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Rekaman hasil wawancara mendalam dibuat dalam bentuk transkip dan analisis serta diinterpretasikan dalam bentuk hasil penelitian. Hasil Berdasarkan hasil penelitian SPM DM di Wilayah Puskesmas Seberang Padang sudah mengacu kepada Permenkes RI Nomor 4 Tahun 2019 dan sudah disosialisasikan, namun tidak semua petugas yang memahami indikator dan langkah-langkah untuk pelayanan kesehatan penyakit DM. Jumlah tenaga pelaksana belum mencukupi dan pembagian beban kerja yang belum sesuai. Dana tidak mencukupi dan bersumber dari BLUD, BOK, Kapitasi. Sarana dan prasarana belum mencukupi, pendataan dilakukan dengan menggunakan survey PIS-PK, skrining dilakukan kepada pasien yang berisiko saja, pelatihan dilakukan tiga kali dalam satu tahun. pelayanan dilakukan setiap hari senin dan kamis kepada pasien. Pencatatan menggunakan selembar kertas dan direkap dengan kohort, pelaporansetiap bulan kepada Dinkes. Monitoring dan evaluasi dilakukan berjenjang. Kesimpulan Pelayanan kesehatan SPM DM di Puskesmas Seberang Padang perlu diperbaiki dari segi pemahaman terhadap kebijakan SPM DM, tenaga, dana, sarana prasarana, skrining, pencatatan dan pelaporan. Diharapkan kepada Dinas Kesehatan Kota Padang dapat mensosialisasikan kebijakan SPM kepada seluruh tenaga di puskesmas, menambahkan tenaga, mensosialisasikan kepada puskesmas mengenai dana gudang farmasi serta singkronisasi data sasaran pasien DM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TUTY ERNAWATI, SKM, M.Kes
Uncontrolled Keywords: SPM DM, Puskesmas Wilayah Seberang Padang
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:19
Last Modified: 28 Jul 2020 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59759

Actions (login required)

View Item View Item