Ridwan, Abdullah (2020) TINJAUAN HUKUM TERHADAP PLAGIARISME KARYA CIPTA DI BIDANG SENI MUSIK SERTA KAITANNYA DENGAN PRINSIP ORISINALITAS BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL DAN NASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (425kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (403kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Fill Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Prinsip Originalitas merupakan dasar dalam menciptakan suatu karya cipta. Setiap karya cipta harus memiliki unsur originalitas agar terhindar dari tindakan plagiarisme karya cipta, salah satunya Plagiarisme Musik atau Lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan : (1) Batasan suatu karya cipta dapat dikatakan plagiat berdasarkan prinsip originalitas menurut hukum internasional dan hukum nasional, (2) Perbandingan hukum terhadap penerapan prinsip originalitas dalam tindakan plagiarisme suatu karya seni musik di Indonesia dan Amerika Serikat. Metode penulisan hukum yang penulis gunakan bersifat normatif, dimana penulis meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder, disebut sebagai penelitian hukum kepustakaan. Hasil penelitian yang penulis dapatkan dari masalah diatas adalah : (1) Berne Convention dalam article 8 menyebutkan standar orisinalitas yang tepat harus didasarkan pada kreativitas penulis, standar originalitas lainnya dapat ditentukan dengan beberapa doktrin dan prinsip yakni Sweat of the Brow doctrine (Industrious Collection), Skill, Judgment, and Labour doctrine,Principle of The Idea-Expression Dichotomy, dan Principle of The Independent Creation. Di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta terdapat beberapa prinsip yang membatasi originalitas karya cipta yakni prinsip independent creations yang menyaratkan sebuah karya haruslah memiliki kreatifitas dan independen, (2) Jika dibandingkan, di Amerika Serikat, unsur originalitas berdasarkan §102 US Copyright Act 1976 suatu karya musik harus memiliki "at least a modicum" kreativitas, dan itu harus menjadi kreasi penulis yang independen, sedangkan pembuktian plagiarisme musik ditentukan dengan similarity and access test. Di Indonesia, dalam menilai tingkat originalitas karya dapat ditentukan dengan prinsip Independent creations dan prinsip Substansial similarity. Kata Kunci : Originality and Plagiarism, Originalitas dalam hak cipta, Plagiarisme Musik atau Lagu, Originalitas dalam Lagu
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Zainul Daulay, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 07:10 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 07:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59699 |
Actions (login required)
View Item |