Pengembangan Keuangan dan Ketimpangan Pendapatan di Indonesia

Ira, Purnama Sari (2020) Pengembangan Keuangan dan Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengembangan keuangan dan Ketimpangan Pendapatan di Indonesia dengan perbandingan 34 provinsi. Data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui website Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia dengan kurun waktu 2010-2018. Metode analisis menggunakan System-Generalized Method of Moments (SYS-GMM) dengan bantuan aplikasi R versi 3.6.1 dengan variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio gini, lag rasio gini, rasio kredit swasta domestik terhadap PDRB, indeks pembangunan manusia, rasio penanaman modal asing terhadap PDRB, dan keterbukaan perdagangan pada masing-masing provinsi di Indonesia. Berdasarkan hasil olah data ditemukan hasil bahwa hanya variabel rasio kredit swasta domestik yang memiliki pengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan pada taraf nyata 5 persen, sedangkan variabel lag rasio gini, indeks pembangunan manusia, rasio penanaman modal asing terhadap PDRB, dan keterbukaan perdagangan tidak berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Berdasarkan hasil estimasi pengembangan keuangan yang diukur menggunakan variabel rasio kredit swasta domestik terhadap PDRB menunjukkan hubungan U terbalik terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kurva kuznetz berlaku di Indonesia selama periode 2010-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Arie Sukma, SE, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Pendapatan, Indeks Pembangunan Manusia, rasio Kredit Swasta Domestik, rasio Penanaman Modal Asing, Keterbukaan Perdagangan, Pengaruh Pengembangan Keuangan, System Generalized Method of Moments (SYS-GMM).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 24 Jul 2020 07:11
Last Modified: 24 Jul 2020 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59674

Actions (login required)

View Item View Item