Reissa, Nanda Fitria (2020) Evaluasi Implementasi Kebijakan Pencegahan Kecurangan (Fraud) dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di FKTP dan FKRTL Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover - Abstrak.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V - Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (299kB) | Preview |
|
Text (Skripsi - Full Text)
Skripsi - Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan Penelitian Fraud dalam pelayanan kesehatan merupakan upaya yang secara sengaja dilakukan dengan menciptakan suatu keuntungan yang tidak seharusnya dan dapat merugikan pihak lain. Pencegahan kecurangan (fraud) dibutuhkan agar tidak terjadi kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pencegahan kecurangan (fraud) dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di FKTP dan FKRTL Kota Padang. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif sederhana. Metode penelitian kualitatif dipilih karena peneliti ingin mengetahui secara mendalam, dan bagaimana kondisi di lapangan yaitu dengan menggunakan wawancara mendalam dimana peneliti merupakan key instrumen dalam penelitian. Hasil Berdasarkan hasil penelitian, fasilitas kesehatan yang diteliti telah menerapkan kebijakan pencegahan dan pedoman pencegahan kecurangan. Pengembangan budaya pencegahan kecurangan sudah terlaksana, namun belum efektif karena sosialisasi mengenai pencegahan kecurangan ini tidak dilaksanakan secara khusus. Tidak semua rumah sakit di Kota Padang yang memiliki tim kendali mutu kendali biaya, namun pelaksanaan teknisnya telah dilaksanakan dengan baik. Tim anti fraud telah terbentuk di rumah sakit dan dinas kesehatan Kota Padang, namun pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya dirasa belum optimal karena belum memberikan bimbingan teknis mengenai pencegahan kecurangan kepada fasilitas kesehatan. Kesimpulan Pelaksanaan implementasi kebijakan pencegahan kecurangan yang dilaksanakan oleh dinas kesehatan serta fasilitas kesehatan masih mempunyai kekurangan dan membutuhkan perbaikan baik dalam penerapan kebijakan & pedoman kecurangan, pengembangan budaya pencegahan kecurangan, pelayanan berorientasi kendali mutu kendali biaya maupun pembentukan tim pencegahan kecurangan. Diharapkan kepada dinas kesehatan agar dapat memberikan bimbingan teknis mengenai langkah-langkah pencegahan kecurangan kepada fasilitas kesehatan. Daftar Pustaka : 42 (2004-2019) Kata Kunci : Pencegahan, kecurangan, fraud.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Syafrawati, S.KM, M.CommHealth Sc |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 06:59 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 06:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59592 |
Actions (login required)
View Item |