EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT NOMOR 6 TAHUN 2008 TENTANG TANAH ULAYAT DAN PEMANFAATANNYA TERKAIT PENGEMBALIAN HAK ULAYAT SETELAH BERAKHIRNYA HAK GUNA USAHA (STUDI DI NAGARI ALAM PAUH DUO)

Refa, Swinta Maharani (2020) EFEKTIVITAS PERATURAN DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT NOMOR 6 TAHUN 2008 TENTANG TANAH ULAYAT DAN PEMANFAATANNYA TERKAIT PENGEMBALIAN HAK ULAYAT SETELAH BERAKHIRNYA HAK GUNA USAHA (STUDI DI NAGARI ALAM PAUH DUO). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Updated Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945, disebutkan bahwa: “Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.” Secara Khusus, tanah diatur dalam Hukum Agraria yaitu berkaitan langsung dengan hak atas tanah. Dalam konteks hukum adat, tanah ulayat dikuasai oleh Masyarakat Hukum Adat. Di Nagari Alam Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, terdapat tanah yang statusnya adalah tanah bekas Hak Guna Usaha. Dalam hal ini, beberapa peraturan perundang-undangan yang memberikan ketentuan yang berbeda mengenai kedudukan status Tanah Hak Guna Usaha yang telah berakhir tenggang waktunya. Rumusan Masalah yang timbul yaitu: 1) Bagaimana Status Tanah Hak Guna Usaha yang Telah Berakhir Tenggang Waktunya? 2) Bagaimana Efektivitas Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2008 tentang Tanah Ulayat dan Pemanfaatannya terkait Pengembalian Hak Ulayat Setelah Berakhirnya Hak Guna Usaha di Nagari Alam Pauh Duo? Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif, kemudian penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil: 1) Status Tanah Bekas Hak Guna Usaha menurut UUPA yaitu menjadi tanah yang dikuasai langsung oleh negara, namun menurut Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2008 tentang Tanah Ulayat dan Pemanfaatannya, tanah tersebut kembali menjadi tanah ulayat sebagaimana kedudukan tanah tersebut sebelum diperoleh Hak Guna Usaha diatasnya; 2) Efektivitas Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2008 tentang Tanah Ulayat dan Pemanfaatannya Setelah Berakhirnya Hak Guna Usaha di Nagari Alam Pauh Duo dinilai belum cukup efektif untuk melindungi kedudukan tanah ulayat. Kata Kunci : Hak Guna Usaha, Hak Ulayat, Nagari Alam Pauh Duo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Zahara, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 30 Jul 2020 08:32
Last Modified: 30 Jul 2020 08:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59530

Actions (login required)

View Item View Item