UTARI, TRIANA (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (skripsi full text)
201501260958th_skripsi utari t.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
Abstract
Motivasi Berprestasi adalah usaha dalam pencapaian sasaran untuk memperoleh keberhasilan dalam persaingan dengan beberapa keunggulan (Mc.Celland,1987). Motivasi berprestasi penting bagi siswa karena motivasi mendorong timbulnya perbuatan seperti belajar untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Keluarga sebagai salah satu tempat interaksi siswa akan mempengaruhi motivasi berprestasinya. Penelitian ini menguji Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Berprestasi Siswa. Populasi penelitian adalah siswa-siswa SMP Negeri 5, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 7 Kota Payakumbuh sebanyak 238 orang responden yang terdiri dari 107 siswa laki-laki dan 131 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling, dengan jenis sampling Proportionate Stratified Ramdom Sampling. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi berprestasi berdasarkan teori motivasi berprestasi dari Mc Clelland dan skala dukungan sosial orangtua yang peneliti susun sendiri dari teori Weiss. Masing-masing skala memiliki reliabilitas sebesar 0,853 dan 0,887. Teknik analisa data yang digunakan ialah analisis korelasi sederhana. Teknik analisa data korelasi product moment pearson menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti <0,05 sehingga variabel dukungan sosial orangtua berhubungan dengan motivasi berprestasi. Koofisien korelasi sebesar R=0,483 yang berarti signifikan, semakin tinggi dukungan sosial orangtua maka semakin tinggi motivasi berprestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Mr Zainal Abidin |
Date Deposited: | 29 Apr 2016 07:52 |
Last Modified: | 29 Apr 2016 07:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5953 |
Actions (login required)
View Item |