EVALUASI PENCAPAIAN TARGET KEPESERTAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KOTA PADANG TAHUN 2019

Mela, Afri Jelita (2020) EVALUASI PENCAPAIAN TARGET KEPESERTAAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KOTA PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
3. Bab VI Penutup (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text
5. Skripsi Full Text Mela Afri Jelita (1611211001).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Cakupan jaminan kesehatan di Kota Padang masih rendah. Pada tahun 2018, peserta JKN di Kota Padang hanya sekitar 87,3% atau sebanyak 819.589 jiwa. Masih terdapat sekitar 12% penduduk yang belum memiliki JKN. Sasaran ke-2 Peta Jalan JKN mentargetkan seluruh penduduk Indonesia pada tahun 2019 memiliki jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian target kepesertaan jaminan kesehatan nasional di Kota Padang tahun 2019. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan realist evaluation. Penelitian ini dilaksanakan Januari-Maret 2020. Data sekunder terkait cakupan kepesertaan JKN bersumber dari BPJS Kesehatan Cabang Padang. Data dan infomasi terkait upaya dan strategi yang mendukung kepesertaan JKN diperoleh melalui wawancara mendalam (indept interview) dengan 8 orang informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu 1 orang dari BPJS Kesehatan, 3 orang dari Dinas Kesehatan Kota Padang, 2 orang dari Dinas Sosial Kota Padang dan 2 orang perwakilan masyarakat. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa cakupan kepesertaan JKN di Kota Padang belum mencapai target dan perkembangan cakupan perkategori peserta menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Strategi/ upaya sosialisasi dan didukung dengan aturan kepesertaan wajib bagi seluruh anggota dalam KK, pembentukan kader JKN dan penambahan kuota PBI belum berhasil dalam mencapai target kepesertaan JKN di Kota Padang. Kesimpulan Target kepesertaan JKN di Kota Padang belum tercapai meskipun berbagai strategi/ upaya yang mendukung pencapaian target kepesertaan telah dilakukan. Diperlukan komitmen bersama Pemerintah Daerah dan instansi yang terkait dengan implementasi program JKN dalam melaksanakan kebijakan dan regulasi yang telah ditetapkan sehingga program JKN berjalan dengan efektif terutama dari sisi kepesertaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kamal Kasra, SKM, M.QIH, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Universal Health Coverage, target kepesertaan, Peta Jalan JKN, Realist Evaluation, Konfigurasi C-M-O
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 17 Jul 2020 08:09
Last Modified: 17 Jul 2020 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59476

Actions (login required)

View Item View Item