PEMANFAATAN BIOSORBEN KULIT BATANG SAGU,ARANG AKTIF KULIT BUAH KAKAO DAN CANGKANG LANGKITANG DENGAN SISTEM KONTINU UNTUK MENGOLAH AIR LIMBAH PENGOLAHAN CPO

Imran, Nazar (2020) PEMANFAATAN BIOSORBEN KULIT BATANG SAGU,ARANG AKTIF KULIT BUAH KAKAO DAN CANGKANG LANGKITANG DENGAN SISTEM KONTINU UNTUK MENGOLAH AIR LIMBAH PENGOLAHAN CPO. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Biosorben kulit batang sagu, arang aktif kulit buah kakao dan cangkang langkitang dengan sistem kontinu dapat digunakan untuk mengolah air limbah pengolahan CPO. Langkah pertama penelitian dilakukan percobaan untuk menentukan massa optimum dengan variasi massa percobaan 25 g, 50 g, 75 g dan 100 g pada laju alir air keluar 200 mL/menit dan berikutnya menentukan laju alir air keluar optimum pada massa optimumn dengan variasi laju alir air keluar 300 mL/menit, 200 mL/menit dan 100 mL/menit. Langkah berikutnya, massa dan laju alir air keluar optimum akan digunakan pada penelitian pengolahan air limbah olahan CPO dengan sistem kontinu dan sistem siklus serta menentukan kinerja filter. Uji yang dilakukan pada air limbah dan air hasil pengolahan adalah pH, TSS, BOD dan COD. Pada tahap akhir dilakukan analisis pada biosorben dengan menggunakan SEM untuk analisis morfologi permukaan, FTIR untuk analisis gugus fungsi dan XRF untuk analisis komposisi kimia. Pada penelitian didapatkan massa dan laju alir air keluar optimum untuk masing-masing biosorben yaitu 100 gram dan 100 mL/menit. Pada massa dan laju alir optimum dengan sistem kontinu didapatkan hasil olahan air limbah dengan nilai pH 6 s.d 7 dan % penurunan nilai TSS 99,53%; % penurunan nilai BOD 57,23%; dan % penurunan nilai COD 90,85% dan pada sistem kontinu dan siklus sebanyak 3 siklus didapatkan hasil olahan air limbah dengan pH 6 s.d 7 dan % penurunan nilai TSS 99,66%; % penurunan niali BOD 81,69% dan % penurunan nilai COD sebesar 95,90%. Pada uji kinerja biosorben, biosorben mampu mengolah air limbah sebanyak 12,5 L dimana setelah volume air limbah 12,5 L terjadi penurunan nilai TSS, BOD dan COD secara drastis. Analisis biosorben menggunakan SEM, FTIR dan XRF didapatkan hasil yang berbeda antara biosorben sebelum dan sesudah kontak dengan air limbah yang menunjukan biosorben dan air limbah terjadi interaksi (biosorpsi).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Rahmiana Zein, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Air Limbah CPO, Adsorpsi, pH, TSS, BOD, COD.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kimia kimia
Date Deposited: 17 Jul 2020 08:35
Last Modified: 17 Jul 2020 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59466

Actions (login required)

View Item View Item