PENYISIHAN LOGAM BESI (Fe) DAN MANGAN (Mn) DARI AIR TANAH ARTIFISIAL PADA KOLOM ADSORPSI DENGAN SEKAM PADI SEBAGAI ADSORBEN

Putri, Ferencia Laurentza (2020) PENYISIHAN LOGAM BESI (Fe) DAN MANGAN (Mn) DARI AIR TANAH ARTIFISIAL PADA KOLOM ADSORPSI DENGAN SEKAM PADI SEBAGAI ADSORBEN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text Putri Ferencia Laurentza)
GABUNGAN DRAFT TUGAS AKHIR PUTRI FERENCIA LAURENTZA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyisihkan logam besi (Fe) dan mangan (Mn) dari air tanah artifisial pada kolom adsorpsi dengan sekam padi sebagai adsorben. Kolom adsorpsi yang digunakan terbuat dari bahan akrilik berdiameter 7 cm dan tinggi 19,5 cm dengan model aliran upflow. Ukuran adsorben yang digunakan adalah ukuran asli dari sekam padi (1-2 mm) dengan ketinggian bed adsorben dalam kolom yaitu 13,5 cm. Percobaan dilakukan secara triplo pada variasi kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 (313 mL/min) dan 3 gpm/ft2 (470 mL/min) serta variasi jumlah kolom konfigurasi seri yang digunakan (1, 2 dan 3 kolom) dengan waktu adsorpsi 540 menit. Konsentrasi awal Fe dan Mn yaitu 2,651-2,870 mg/L dan 1,189-1,219 mg/L. Sampel hasil percobaan dianalisis menggunakan Inductively Coupled Plasma – Atomic Emission Spectrometry (ICP-AES) dengan metode spektrometri. Dari penelitian diperoleh efisiensi penyisihan tertinggi sebesar 52,06±0,053% dengan kapasitas adsorpsi 2,787±0,046 mg/g untuk logam Fe, sedangkan untuk logam Mn efisiensi penyisihan tertinggi sebesar 50,69±0,042% dengan kapasitas adsorpsi 0,853±0,035 mg/g. Kondisi optimum dicapai pada penggunaan kecepatan alir influen 2 gpm/ft2 dan penggunaan 3 kolom rangkaian seri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kecepatan alir yang lebih kecil dan lebih dari 1 kolom adsorpsi berkonfigurasi seri mampu meningkatkan efisiensi penyisihan dan kapasitas adsorpsi logam Fe dan Mn. Selain itu peningkatan kecepatan alir influen dan penggunaan 1 kolom mengakibatkan kondisi jenuh dari adsorben sekam padi dalam kolom lebih cepat tercapai. Secara keseluruhan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan kolom adsorpsi dengan adsorben sekam padi berpotensi dalam penyisihan logam dari air tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng Denny Helard
Uncontrolled Keywords: air tanah artifisial, besi, kolom adsorpsi majemuk, mangan, sekam padi
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:39
Last Modified: 14 Jul 2020 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59400

Actions (login required)

View Item View Item